:: UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Peranan Eleanor Roosevelt dalam menanggulangi dampak deprsei besar pada masyarakat Amerika Serikat tahun 1933-1939

Nining Nurhaya; Nana Nurliana, supervisor; Dwi Mulyatari, examiner; Sudarini, examiner (Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2001)

 Abstrak

Era Depresi Besar merupakan masa yang sulit dan sangat penuh penderitaan bagi seluruh masyarakat Amerika Serikat. Pada masa ini banyak keluarga yang kehilangan penghasilan dan pendapatannya karena sang ayah yang mencari nafkah dipecat dari pekerjaannya, sedangkan sang ibu yang biasa menggantungkan diri pada penghasilan suaminya belum siap menghadapi semua perkembangan yang terjadi dan datangnya tiba-tiba.
Salah seorang perempuan yang berupaya memperhatikan dan melakukan sesuatu untuk memperbaiki keadaan ini, khususnya kelompok yang dimarjinalkan (perempuan dan orang kulit hitam) pada masa Depresi, adalah Eleanor Roosevelt. Ia bersama Frances Perkins, Mary Anderson, Molly Dawson dan ratusan lain, terutama pekerja sosial, berada di garis depan politik Amerika untuk melakukan perbaikan. Ketika Franklin Delano Roosevelt menjabat Presiden tahun 1933, mereka mendapat akses yang belum pernah terjadi sebelumnya. Mereka memasuki dunia politik, karena keterampilan dan pengetahuan mereka dibutuhkan, tapi juga karena istri Roosevelt, Eleanor merupakan salah seorang dari mereka.
Peran apa raja yang Eleanor lakukan, ketika melihat kondisi masyarakat Amerika yang sedang mengalami kegelisahan, kebingungan, rasa pesimis dan frustasi. Kenapa Eleanor yang dipilih oleh penulis karena is berhasil membuat perbedaan/preseden tersendiri dibandingkan dengan istri-istri presiden lainnya. Dapat dibandingkan dengan Lou Hoover, istri presiden Herbert Hoover, yang tidak melakukan apa yang dilakukan oleh Eleanor padahal keduanya mengalami masa depresi dan dalam posisi sebagai ibu Negara.

 File Digital: 1

Shelf
 S-Nining Nurhaya.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : S12726
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2001
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : x, 114 pages : illustration ; 28 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S12726 14-21-413521718 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20156927