:: UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Mei Lanfang dan perkembangan opera Peking

Joneka M.K. Hehuwat; Iwan Fridolin, supervisor; Rahadjeng Pulungsari Hadi, supervisor; Nurni W. Wuyandari, examiner ([Publisher not identified] , 1990)

 Abstrak

ABSTRAK
Alasan pemilihan topik ini, karena opera Peking merupakan bagian penting dalam seni tradisional negara ini. Walaupun bentuknya merupakan kejayaan masa lampau, opera Peking pada dasarnya realistis. Rewi Alley mengatakan: Siapapun yang ingin mengetahui sesuatu mengenai (sejarah dan legenda yang mengilustrasikaan tentang aturan moral dari masyarakat tradisional) Cina, harus mencoba memahami hal-hal penting di atas panggung, khususnya opera Peking.
Tujuan penulisan skripsi ini selain untuk memperkenalkaan Mei Lanfang sebagai sa1ah satu tokoh opera Cina yang ikut andil dalam perkembangan opera Peking khususnya peran wanita (Dan), juga untuk menambah wawasan pengetahuan mengenai drama Cina. Karena itu sejauh mana peranan Mei Lanfang dalam pengembangan opera Peking dan perubahan-perubahan apa saja yang terjadi sejak keikutsertaannya, khususnya dalam segi pemeranan adalah masalah yang saya bahas dalam skripsi ini. Dan pembahasan saya mengenai peran wanita yang dimainkan oleh Mei Lanfang akan saya batasi mulai dari tahun 1905 saat Mei Lanfang mengadakan pementasan perdananya sampai tahun 1961 yang merupakan akhir hidupnya.
Mei Lanfang telah menetapkan prinsip baru bahwa semua pemeran Dan, harus dapat memerankan ketiga tipe peran wanita baik dalam menyanyi, berakting dan menari. Mei Lanfang jugalah yang mewarisi dan mempelajari secara sistematis tradisi yang halus dari pendahulunya, dan dalam waktu yang sama mengembangkan dan memberikan pandangan yang lebih luas kepada usaha artistik mereka. Ia adalah seorang penulis drama baik itu episode sejarah maupun kesusasteraan klasik. Penghargaan diberikan kepadanya sebagai pelopor pengembangan _sejarah drama, pada panggung klasik kontempore.
Ia mengembangkan opera Peking berdasarkan warisan tradisional yang terbaik dari masa lampau dan mengadopsikannya dalam bentuk baru. Ia menetapkan standar baru dalam kostum dan menambahkan banyak perubahan baru pada khoreografi dan akting. Mei Lanfang tidak hanya membuat rencana/memetakan perjalanan para aktor/artis peran wanita (Dan) yang ada sekarang ini, untuk menyamai peran laki (Shang), tetapi ia juga telah memperkenalkan opera Peking kepada dunia.
Bakat alam yang besar dan keterampilan seni ini didapatnya melalui 50 tahun kerja keras dan belajar. Hubungannya yang erat dengan massa dari kelas pekerja sejak RRC berdiri dan kebesaran namanya adalah penyebab di mana penonton selalu berharap dapat menyaksikan pertunjukannya dan menghormati penaampilannya. Untuk itulah Mei Lanfang selalu berusaha memberikan kepada meraka penampilannya yang terbaik.

 File Digital: 1

Shelf
 S 264592e.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : S12822
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : [Place of publication not identified]: [Publisher not identified], 1990
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : iii, 97 pages : illustration ; 28 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S12822 14-19-278546384 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20157314