:: UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Men Shen (Dewa Pintu) suatu tinjauan deskriptif tentang salah satu mitos yang masih hidup dalam budaya masyarakat Cina

R. Dewi Setyawati; F. Christine Tala, supervisor; eddy p. witanto, examiner; Iwan Fridolin, examiner ([Publisher not identified] , 2001)

 Abstrak

ABSTRAK
Mitos Men Shen merupakan salah satu dari mitos yang dikenal dalam budaya masyarakat Cina. Budaya ini adalah salah satu dari mitos yang muncul karena adanya kebutuhan akan pelindung dari kekuatan jahat. Men Shen digambarkan sebagai dua sosok pengawal dengan pakaian perang lengkap dengan senjatanya. Menurut kepercayaan masyarakat Cina, memasang gambar Men Shen pada pintu gerbang yang terdapat di depan rumah dapat mengusir segala kekuatan jahat yang mengganggu ketentraman hidup manusia.
Kebiasaan memasang gambar Men Shen untuk mengusir roh jahat, terutama pada perayaan festival tradisonal Cina merupakan kebiasaan yang dilakukan sejak masa Dinasti Tang (618-907 M) yang kemudian terus dilaksanakan hingga sekarang.
Penelitian mengenai Men Shen dilaksanakan selain dengan studi pustaka juga dilakukan dengan cara mewawancarai beberapa informan yang merupakan Warga Negara Indonesia keturunan Cina yang tinggal di wilayah Jakarta dan sekitarnya secara informal, Wawancara tersebut dilakukan untuk mendapatkan keterangan mengenai mitologi Cina dan Men Shen dalam masyarakat keturunan Cina yang tinggal di wilayah Jakarta dan sekitarnya. Dalam melakukan wawancara, penulis Iangsung menanyakan keterangan mengenai mitologi Cina dan Men Shen kepada informan.
Akibat tradisi penceritaan mitos secara lisan, dalam perkembangannya di Indonesia, terutama di wilayah Jakarta dan sekitarnya, mitos Men Shen tetap dikenal meskipun telah terjadi beberapa perubahan.

 File Digital: 1

Shelf
 S-R. Dewi Setyawati.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Kata Kunci

 Metadata

No. Panggil : S12865
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : [Place of publication not identified]: [Publisher not identified], 2001
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : vi, 76 pages : illustration ; 28 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S12865 14-19-639575339 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20157410