Konsep pemikiran pendidikan Makiguchi Tsunesaburo dalam Soka Kyoikugaku Taikei oleh
Donna Burhan;
I Ketut Surajaya, supervisor
(Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2000)
|
Skripsi ini membahas konsep pemikiran Makiguchi Tsunesaburo mengenai pendidikan yang terdapat dalam kumpulan tulisan Soka Kyoikugaku Taikei lahir akibat rasa ketidakpuasan Makiguchi terhadap pendidikan Jepang yang ia temui selama ia bertugas sebagai pengajar maupun kepala sekolah diberbagai sekolah dasar di Jepang selama puluhan tahun.Kumpulan tulisan Soka Kyoikugaku Taikei terbagi menjadi beberapa pokok bahasan penting, yaitu Teori Tujuan Pendidikan (kyoiku mokutekiron), Teori Reformasi Pendidikan (kyoiku kaizoron), Teori Nilai (kachiron), Teori Metodologi Pendidikan (kyoiku hohoron) dan Teori Bahan-bahan Pengajaran (Kyozairon) Dalam konsep pendidikan yang Makiguchi cetuskan ini terlihat jelas unsur kebersamaan dan ketergantungan terhadap lingkungan, karena ia sangat tertarik dengan bidang studi Geografi (chirigaku) dan terpengaruh hasil penelitiannya selama bertahun-tahun mengenai Studi Komunitas (kyodoka kenkyu). |
No. Panggil : | S13540 |
Entri utama-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama badan : | |
Penerbitan : | Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2000 |
Program Studi : |
Bahasa : | ind |
Sumber Pengatalogan : | |
Tipe Konten : | |
Tipe Media : | |
Tipe Carrier : | |
Deskripsi Fisik : | vi, 83 lembar : 29 cm |
Naskah Ringkas : | |
Lembaga Pemilik : | Universitas Indonesia |
Lokasi : | Perpustakaan UI, Lantai 3 |
No. Panggil | No. Barkod | Ketersediaan |
---|---|---|
S13540 | 14-20-552002895 | TERSEDIA |
Ulasan: |
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20157743 |