:: UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Nichuu Sensoo perang Jepang-Cina, 1937-1945

Retno Purwendah; I Ketut Surajaya, supervisor (Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 1994)

 Abstrak

Penelitian mengenai perang Jepang-Cina dilakukan dengan menggunakan data yang diperoleh dari buku dan tulisan yang berkaitan erat dengan masalah yang ditulis oleh penulis yang dilakukan pada bulan Juli 1994 - Agustus 1994. Tujuannya untuk mengetahui latar belakang dan akibat-akibat perang Jepang-Cina tersebut. Pengumpulan data dilakukan melalui data-data yang ada dalam buku War and Diplomacy in Eastern Asia yang dilanjutkan dengan penelitian kepustakaan. Hasil penelitian skripsi ini bukan merupakan gambaran menyeluruh yang mencakup hal-hal pada kedua belah pihak yang bertikai.
Akan tetapi dari penelitian yang dilakukan telah dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut Perang Jepang-Cina adalah merupakan tindak lanjut dari pendudukan Jepang atas Manchuria dimana Jepang berambisi untuk memperluas wilayah jajahannya guna mendapatkan lebih banyak lagi hasil alam yang dapat mendukung sektor industri dalam negeri serta memperoleh wilayah bagi pemasaran hasil industrinya.
Selain itu Perang Jepang-Cina erat kaitannya dengan Perang Asia Timur Raya yang berarti tidak dapat dipisahkan dengan adanya Perang Dunia Kedua dan Perang Pasifik. Perang ini diawali dengan adanya Insiden Jembatan Marcopolo dan diakhiri dengan penyerahan Jepang terhadap Sekutu setelah Perang Pasifik. Kronologinya adalah sebagai berikut : 7 Juli 1937: Insiden Jembatan Marco polo 1937-1945 : Perang Jepang-Cina; 8 Desember 1941-15 Agustus 1945 : Perang Pasifik; 15 Agustus 1945 : Penyerahan Jepang pada Amerika.

 File Digital: 1

Shelf
 S-Retno Purwendah.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : S13782
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 1994
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : ix,73 lembar : ilus, 28 cm.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S13782 14-20-353526977 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20157890