:: UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Pandangan Beat Generation tentang keberadaan dalam novel On the road

Retno Hendrastuti Soebagio; Soenarjati Djajanegara, supervisor; Abdul Salam, examiner ([Publisher not identified] , 1990)

 Abstrak

ABSTRAK
Skripsi ini merupakan penelitian tentang novel On The Road. Sebuah novel karya Jack Kerouac yang terbit pada tahun 1957.
Penelitian ini dilakukan mengingat adanya beberapa tanggapan terhadap novel tersebut, yang menyatakan bahwa On The Road adalah sebuah buku yang mengungkapkan sikap hidup beat generation.
Tujuan penulisan skripsi ini adalah untuk menunjukkan bahwa sikap dan pandangan hidup tokoh-tokoh dalam novel On The Road mencerminkan sikap dan pandangan hidup kelompok beat generation. Dengan demikian menunjukkan bahwa novel On The Road merupakan cermin dari kenyataan, dimana Jack Kerouac mengungkapkan secara apa adanya tentang pengalaman keterlibatannya dengan dunia ke_hidupan beat generation.
Upaya mengungkapkan pandangan beat generation tentang keber_adaan. yang tercermin dalam novel On The Road, ditempuh dengan cara memadukan latar belakang kehidupan Jack Kerouac, beat generation dan situasi kehidupan tahun 1950-an. Situasi kehidupan tahun 1950-an, setelah Perang Dunia II berakhir, merupakan suatu masa puncak yang mematangkan sikap memberontak beat generation dalam perjuangan menegakkan eksistensi mereka sebagai manusia. Sebagai seorang seniman, Jack Kerouac terlibat secara intens dalam kehidupan beat generation. Dari keterlibatannya ini ia dapat merasakan suatu kerinduan akan kehidupan individu yang bebas dan memiliki makna bagi diri sendiri. Sikap hidup, pandan_gan dan kerinduan generasi inilah yang terasa ada dalam novel On The Road.
Analisis novel dalam skripsi ini dilakukan melalui pendeka_tan sosial historis karena sebagai sebuah karya sastra, On The Road merupakan karya pengungkap, yang berangkat dari pengalaman pribadi Jack Kerouac dalam keterlibatannya dengan beat genera_tion. Kerouac mengungkapkan bagaimana cara tokoh-tokoh menjalani hidupnya dan mengapa mereka menjalani hidupnya dengan cara demi_kian. Sebagai seniman, Kerouac memiliki keyakinan bahwa karya sastra adalah sebuah media pengungkap, yang dapat mengungkapkan dengan sejujurnya, sebagaimana adanya suatu bagian kehidupan. Novelnya merupakan ungkapan dari kehidupan beat generation yang memang ada dalam perjalanan kehidupan bangsa Amerika. Dari anali_sis novel dalam skripsi ini, dibuahkan kesimpulan bahwa novel On The Road adalah novel yang mencerminkan pandangan, sikap hidup serta harapan sekelompok generasi muda Amerika pada tahun 1950-an, yang dikenal sebagai beat generation.

 File Digital: 1

Shelf
 S 47891e.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : S14027
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : [Place of publication not identified]: [Publisher not identified], 1990
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : iv, 81 pages : illustration ; 28 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S14027 14-19-216812834 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20158245