Deskripsi Lengkap

Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : vi, 117 lembar : ill. ; 28 cm.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
 
  •  Ketersediaan
  •  File Digital: 1
  •  Ulasan
  •  Sampul
  •  Abstrak
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S15007 14-20-389326410 TERSEDIA
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20158661
 Abstrak
Studi mengenai kesalahan konsep pada anak-anak telah lama dikenal dan dilakukan para ahli di Amerika dan Eropa. Studi ini berusaha menemukan jawaban bagaimana dan kapan kategori-kategori konsep berkembang serta faktor_faktor apa yang menentukan ketepatan suatu konsep. Berbagai penelitian dilakukan para ahli untuk menemukan jawaban terhadap masalah tersebut. Salah satu dari para ahli yang giat melakukan penelitian dalam bidang ini adalah Jean Piaget. Teori Piaget inilah yang dijadikan landasan dasar penulisan skripsi ini. Karena pembahasan mengenai proses pembentukan konsep tidak dapat dilepaskan dari proses pemerolehan bahasa, maka di dalam skripsi ini penulis juga memberikan pembahasan mengenai proses pemerolehan bahasa. Teori perkembangan bahasa yang diuraikan di sini adalah teori perkembangan bahasa menurut Hurlock. Dari seluruh pembahasan skripsi ini disimpulkan bahwa selain faktor bahasa terdapat pula faktor luar bahasa yang mempengaruhi proses' pembentukan konsep. Dengan memperhatikan faktor-faktor tersebut diharapkan agar kita selaku orang dewasa menyadari bahwa kesalahan konsep yang terjadi pada anak tidak dapat dianggap sebagai suatu hal yang tidak penting. Kesalahan konsep tersebut dapat mengakibatkan perilaku asocial dan penolakan masyarakat terhadap seorang individu serta dapat berakibat serius bagi kemampuan mental individu yang bersangkutan.