:: UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Analisis sintaksis dan semantis brosur iklan wisata dan brosur informasi wisata

Desty Mustika Ratu; Setiawati Darmojuwono, supervisor; Pattinasarany, M. Sally H.L., examiner; Siahaan, Rita Maria, examiner (Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2000)

 Abstrak

Pariwisata merupakan salah satu sektor perekonomian yang penting, salah satu faktor penunjang keberhasilan dalam menarik wisatawan adalah brosur wisata. Skripsi ini bertujuan untuk meneliti perbedaan dan persamaan pilihan kata dan struktur teks brosur iklan wisata dan brosur informasi wisata. Pilihan kata yang digunakan akan dianalisis berdasarkan makna referensial, makna asosiati, makna afektif dan makna situatif. Penelitian ini juga bertujuan untuk melihat peranan pengaruh pilihan kata tersebut terhadap fungsi teks. Data penelitian berupa 3 brosur iklan wisata dan 3 brosur informasi wisata yang dikeluarkan oleh Pusat Informasi Pariwisata Berman dan biro perjalanan komersial tentang 3 daerah wisata utarna di Jerman yang paling banyak dikunjungi wisatawan, yaitu Bayern, Baden-Wurttemberg dan Nordrhein-Westfalen.
Hasil penelitian memperlihatkan bahwa fungsi teks yang terdapat pada kedua jenis brosur tersebut merupakan fungsi campuran antara fungsi informatif dan fungsi apelatif. Selain itu, baik teks iklan wisata maupun teks informasi wisata menggunakan pilihan kata yang memiliki makna asosiatif dan afektif positif. Hal ini sangat menunjang fungsi apelatif yang terdapat pada kedua jenis teks brosur wisata tersebut.

 File Digital: 1

Shelf
 S-Desty Mustika Ratu.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : S15146
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2000
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : x, 90 pages : illustration ; 28 cm. + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S15146 14-19-110242084 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20158697