Full Description
Cataloguing Source | LibUI ind rda |
Content Type | text (rdacontent) |
Media Type | unmediated (rdamedia); computer (rdamedia) |
Carrier Type | volume (rdacarrier); online resources (rdacarrier) |
Physical Description | viii, 60 pages: illustration; 28 cm. |
Concise Text | |
Holding Institution | Universitas Indonesia |
Location | Perpustakaan UI, Lantai 3 |
- Availability
- Digital Files: 1
- Review
- Cover
- Abstract
Call Number | Barcode Number | Availability |
---|---|---|
S14697 | 14-19-485417781 | TERSEDIA |
No review available for this collection: 20158784 |
Abstract
ABSTRAK
Psikolinguistik merupakan cabang ilmu linguistik. Cabang ilmu ini merupakan penggabungan psikologi dan linguistik. Psikolinguistik membahas proses pembelajaran bahasa yang berkaitan dengan perkembangan mental. Aspek linguistik dan psikologi menjadi landasan penelitian ini, dengan penekanan sudut Pandang semantik.
Penelitian ini menganalisis kesesuaian bahasa dalam empat Buku Cerita Bergambar Anak. yaitu : Frau Meier , die Amsel ; Oh, wie schon ist Panama,' Die Kannincheninsel dan Der Bar, der ein Bar bleiben wollte dengan tingkat perkembangan bahasa anak. Penelitian ini bertujuan memberikan gambaran kepada pembaca mengenai perlunya memperhatikan perkembangan bahasa anak, sehingga para pembaca dapat menyeleksi buku bacaan yang bermanfaat dan dapat dimengerti oleh anak-anak dari segi pemahaman bahasa. Dari hasil analisis dapat disimpulkan unsur-unsur Buku Cerita Bergambar Anak yang sesuai dengan perkembangan kognisinya dan unsur-unsur mana yang belum dipahami anak.
Psikolinguistik merupakan cabang ilmu linguistik. Cabang ilmu ini merupakan penggabungan psikologi dan linguistik. Psikolinguistik membahas proses pembelajaran bahasa yang berkaitan dengan perkembangan mental. Aspek linguistik dan psikologi menjadi landasan penelitian ini, dengan penekanan sudut Pandang semantik.
Penelitian ini menganalisis kesesuaian bahasa dalam empat Buku Cerita Bergambar Anak. yaitu : Frau Meier , die Amsel ; Oh, wie schon ist Panama,' Die Kannincheninsel dan Der Bar, der ein Bar bleiben wollte dengan tingkat perkembangan bahasa anak. Penelitian ini bertujuan memberikan gambaran kepada pembaca mengenai perlunya memperhatikan perkembangan bahasa anak, sehingga para pembaca dapat menyeleksi buku bacaan yang bermanfaat dan dapat dimengerti oleh anak-anak dari segi pemahaman bahasa. Dari hasil analisis dapat disimpulkan unsur-unsur Buku Cerita Bergambar Anak yang sesuai dengan perkembangan kognisinya dan unsur-unsur mana yang belum dipahami anak.