:: UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Analisis kalimat sederhana dalam komik Rusia

Anisah; Njaju Jenny Malik, supervisor; Sari Endahwarni, supervisor; Suhardjo, examiner (Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2000)

 Abstrak

Permasalahan 'Analisis Kalimat Sederhana dalam Komik Rusia' ditelaah berdasarkan acumsi bahwa teks dalam komik merupakan unsur panting selain gambar. Kalimat sederhana dapal dkalakan sebagai bentuk teks, maka bagaimana peranannya sebagai teks dalam komik Rusia, baik penggunaannya maupun jenisnya.
Tujuan penulisan skripsi ini adalah untuk mendapalkan gambaran yang jelas mengenai kalimal sederhana dalam komik Rusia yakni sejauh mana penggunaannya sebagai teks serta lipe-tipe kalimat yang muncul dalam komik tersebut.
Metode yang dgunakan dalam penulisan ini adalah metode struktural. Metode ini adalah metode yang dlakukan untuk mengetahui seluk beluk struklur suatu bahasa.
Penulis menggunakan 7 buah cerita komik Rusia sebagai korpus penelitian. Kalimal sederhana yang terdapat dalam komik-komik tersebut danalisis berdasarkan skema struktural yang dmiliki.
Hasil analisis yang teah dlakukan adalah kalimat sederhana dalam komik-komik tersebut dbagi menjad dua kelornpok utama berdasarkan jumlah komponen pembentuk skema struktural kalimat, yakni kalimal sederhana dua komponen dan kalimat sederhana satu komponen. Kalimat sederhana dua komponen memiliki enam jenis kalimat sedangkan kalimat sederhana satu komponen memiliki empat jenis kalimat.
Berdasarkan hal tersebut maka dapat diasumsikan bahwa penggunaan kalimat sederhana sebagai teks dalam komik Rusia masih merupakan unsur panting selain gambar dalam menjelaskan cerita.

 File Digital: 1

Shelf
 S-Anisah.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : S14916
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2000
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : viii, 80 pages : illustration ; 28 cm. + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S14916 14-19-873619469 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20158812