:: UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Novel 'Sehari dalam hidup Ivan Denisovich' sebagai sebuah kritik sosial

Sinaga, Ferdinand; Limbong, Banggas, supervisor; Zeffry, examiner ([Publisher not identified] , 1995)

 Abstrak

ABSTRAK
Skripsi ini menganalisis tentang kritik sosial yang terjadi sekitar Perang Dunia II di Uni Soviet. Perekonomian negara yang tidak stabil menimbulkan masyarakat dimobilisasi hanya untuk menghindarkan adanya aksi kekerasan yang akan dilakukan masyarakat terhadap penguasa, Stalin. Padahal fungsi utama dari politik Stalin ini adalah agar (ilia sebagai penguasa tidak kehilangan jabatan. Pengadilan politik yang kemudian dijalankan oleh polisi-polisi rahasia Uni Soviet untuk memmbungkam para ilmuan dan masyarakat bekerja kejam dan efektif.
Ilmuan menjadi sasaran utama Stalin dikarenakan mereka menjadi tertuduh pertama dalam kegagalan panen gandum pada saat-saat pemerintahan Stalin. Oleh karena itulah makanan menjadi sangat langka dan diterapkanlah apa yang dikenal dengan sistem penjatahan dan budaya antre.
Pada saat itu Stalin memerintah secara otoriter. Oleh karena itu dia tidak segan-segan menghukum berat teman dekatnya sekalipun. Para ilmuan yang dipersalahkan oleh Stalin itu tidak dapat berbuat apa-apa karena kekejamannya. Kisah inilah yang digambarkan dalam Sehari Dalam Hidup Ivan Denisovich.
Meskipun novel ini hanya bercerita tentang kehidupan di penjara, namun dapat ditarik sebuah kesimpulan bahva keadaan yang digambarkan sangat mirip dengan situasi yang terjadi pada saat pemerintahan Stalin. bayaknya di dalam penjara, dengan makanan yang terbatas dan bekerja harus mati-matian, demikianlah masyarakat Uni Soviet menderita di bawah pemerintahan Stalin. Bukan saja mereka tidak boleti memiliki sesuatu yang tidak berasal dari negara, bahkan agama Kristen Ortodox yang diyakini masyarakat sejak dulu, saat itu menjadi langka penganutnya. Pengikisan nilai-nilai asli Rusia (Samobytnost) yang dilakukan Stalin adalah untuk memecahbelah rakyat sendiri. Karena dengan demikian posisinya di dalam pemerintahan tidak akan diganggu.

 File Digital: 1

Shelf
 Ferdinand Sinaga.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : S15063
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : [Place of publication not identified]: [Publisher not identified], 1995
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : ix, 76 pages ; 28 cm.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S15063 14-19-121165565 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20158887