:: UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Evaluasi pemanfaatan jasa informasi CD ROM oleh mahasiswa di Perpustakaan 'Tun Seri Lanang' Universiti Kebangsaan Malaysia, Bangi, Selangor, Darul-Ehsan, Malaysia : (suatu studi kasus)

Mohd. Rodzi bin Ali; Sulistyo Basuki, supervisor (Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 1994)

 Abstrak

Penelitian mengenai tingkat penggunaan jasa informasi CD-ROM di perpusakaan tersebut telah dilakukan pada tanggal 01 Juli sampai dengan 14 Agustus, 1993. Tujuannya adalah untuk mengetahui sejauh mana tingkat penggunaan/pemanfaatan jasa CD-ROM oleh mahasiswa UKM dan mahasiswa luar UKM sebagai salah satu sarana simpan, penelusuran dan temu kembali informasi hasil dari perkembangan Teknologi Informasi mutakhir bidang kepustakaan dan informasi. Panelitian deskriptif analisis ini mengqunakan metode penqumpulan data lewat kuesioner yang disebarkan kepada pemakai, wawancara secara informal serta statistik penggunaan CD--ROM mulai dari tahun ajAran 1988/89 sampai. dengan I992/95. 96,8% dari responden mengetahui bahwa pihak perpustakaan ada, menyediakan Jasa informasi ini. 92%. dari responden pula menggunakan jasa informasi CD-ROM yang disediakan manakala 8% pula tidak pernah menggunakannya.
Hasilnya ternyata pangkalan data ABI/INFORM Ondisc yang paling banyak digunakan oleh pemakainya itu sebesar 69.0 %. Sebagian besar pemakai (responden) atau 94.4%, menyatakan bahwa jasa informasi ini boleh menyediakan informasi yang cepat. Dalam hal penelusuran informasi, lebih dari separuh responden menyatakan bahwa informasi yang mereka dapatkan dari CD-ROM itu hanya sebagian saja yang sesuai dengan kehen - dak mereka. Ada juga sejumlah responden menyatakan bahwa CD-ROM menyediakan terlalu banyak informasi sehingga membingungkan mereka. Dari segi keberadaan koleksi, 84.91 % responden menyatakan bahwa koleksinya hanya sebagian saja yang ada di dalam perpustakaan. penggunaan jasa informasi CD-ROM telah mengalami peningkatan yang menggalakkan pada setiap semester/tahun ajaran. Alasan atau tujuan pemakai menggunakan CD-ROM adalah untuk menyelesaikan tugas-tugas kuliah, penelitian, karya ilmiah/skripsi dan sebagainya. penggunaan CD-ROM biasanya paling banyak pada waktu pagi, siang dan sore hari. Secara keseluruhan, pemakai merasa puas dengan penyelenggaraan atau pengoperasian jasa informasi CD-ROM ini karena jasa tersebut dapat menyediakan informasi yang mereka perlukan dengan cepat.

 File Digital: 1

Shelf
 Mohd Rodzi bin Ali.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : S15710
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 1994
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : xi, 147 lembar ; 28 cm.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S15710 14-20-339343130 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20158924