:: UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Penyebaran dokumen paten oleh Direktorat Paten Departemen Kehakiman Republik Indonesia sebuah analisis deskriptif

Linda Herlina Djayusman; Sulistyo Basuki, supervisor (Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2002)

 Abstrak

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi menghasilkan banyak temuan yang berperan panting dalam kemajuan perekonomian suatu negara. Temuan ini kernudian dijamin oleh negara melalui hak paten, yang menghasilkan dokumen paten, sehingga memungkinkan terjadinya penyebaran informasi khusus paten. Penulisan skripsi ini bertujuan untuk memberikan gambaran secara deskriptif tentang pelaksanaan penyebaran dokumen paten yang dilakukan oleh Direktorat Paten Departemen Kehakiman R.I., bagaimana jenis koleksi dokumen paten dan pengorganisasiannya, bagaimana jenis permintaan dokumen paten, dan apakah ada kerjasama yang dilakukan dengan pihak-pihak lain. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan teknik pengumpulan data secara tertulis (melalui dokumen) dan wawancara.
Subjek penelitian dalam hal ini adalah Direktorat Paten Departemen Kehakiman R.I., sedangkan objeknya adalah prosedur penyebaran dokumen paten itu sendiri. Hasil penelitian secara umum menggambarkan bahwa kegiatan penyebaran dokumen paten yang dilakukan oleh satu-satunya badan yang berwenang yaitu Direktorat Paten Departemen Kehakiman R.I., masih dapat dikatakan jauh dari optimal. Hal ini dapat dilihat dari sistem pengorganisasian dokumen paten yang mereka lakukan, terbatasnya jenis layanan yang disediakan bagi kepentingan masyarakat pemakai informasi paten, terbatasnya jenis kerjasama yang dilakukan dengan pihak lain untuk membantu pemanfaatan dokumen paten, kurangnya dukungan dari tenaga SDM yang dimiliki saat ini, dan sistem pencatatan data operasional yang belum dilakukan dengan baik sehingga pada akhirnya pihak Diraktorat Paten tidak mempunyai data dalam melakukan evaluasi maupun perencanaan di masa datang.
Beberapa hal di ataslah yang penulis rasa perlu mendapatkan perhatian lebih lanjut sehingga kinerja Direktorat Paten dalam hal penyebaran dokumen paten ini paling sedikit dapat ditingkatkan untuk menunjang tercapainya salah satu fungsi dan tujuan dari Direktorat Paten Departmen Kehakiman R.I. itu sendiri.

 File Digital: 1

Shelf
 S 0200454_Penyebaran Dokumen Paten.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : S15488
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2002
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : ix, 155 lembar : ill. ; 29 cm.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S15488 14-20-834717725 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20158976