:: UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Karier lulusan Jurusan Ilmu Perpustakaan Fakultas Sastra Universitas Indonesia (JIP FSUI)

Yayah Mardiah; Zulfikar Zen, supervisor; Ida Farida, supervisor; Pandey, R. K., editor (Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 1998)

 Abstrak

Penelitian mengenai karier lulusan JIP FSUI Program Sarjana (SI) Reguler angkatan `86 sampai dengan `89, tujuannya ialah untuk mengetahui bagaimana karier dan dunia kerja yang dihadapi para lulusan, yang di batasi pada aspek-aspek: Jenis pekerjaan dan jabatan, mobilitas kerja, tugas dan tanggung jawab kerja, kepuasan dan ketidakpuasan kerja, relevansi program pendidikan perpustakaan, ketrampilan dan keahlian profesional yang dibutuhkan.
Penelitian ini menggunakan metode survai, di mana pengumpulan data dilakukan dengan cara menyebarkan kuesioner kepada para lulusan yang terpilih sebagai sampel yang berjumlah 49 dari populasi yamg berjumlah 95. Dari kuesioner yang diedarkan tersebut, 4 kuesioner tidak kembali dan 2 kuesioner tidak dapat diolah, sehingga jumlah kuesioner yang diolah dalam penelitian ini adalah 43 kuesioner.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, sesuai dengan sebagian besar harapan lulusan yang memilih pekerjaan pertama mereka di perpustakaan khusus (65%) dengan posisi sebagian besar (67.4%) sebagai staf, sedangkan pada pekerjaan sekarang mayoritas (61,5%) tetap bekerja di perpustakaan khusus dengan posisi sebagai staf (54%). Sebagian besar (60%) lulusan menyatakan pernah mengalami pindah pekerjaan, dengan faktor utama untuk mendapatkan gaji yang lebih besar, selain faktor-faktor ingin memperoleh tantangan baru, dan adanya tawaran menarik dari pekerjaan baru.
Secara keseluruhan yang menjadi tugas dan tanggung jawab kerja pada pekerjaan pertama (utama dan tambahan) meliputi pengolahan, layanan penelusuran, pemilihan bahan pustaka dan manajemen. Sejalan dengan meningkatnya pengalaman dan profesionalitas lulusan pada pekerjaan sekarang tugas dan tanggung jawab mereka meliputi pengolahan, manajemen, pemilihan dan pengadaan bahan pustaka, layanan informasi dan bantuan kepada pemakai serta tugas komputer. Hampir setengahnya dan lulusan (49%) menyatakan kepuasannya terhadap pekerjaan pertama, sementara itu pada pekerjaan sekarang terdapat peningkatan kepuasan yaitu sebagian besar lulusan (64%), dengan aspek gaji yang telah memberikan kepuasan utama pada pekerjaan. Hampir seluruhnya dari lulusan (91%) menyatakan kepuasannya terhadap pendidikan perpustakaan yang diperoleh dalam menunjang karier mereka.
Mata kuliah yang dianggap relevan dengan tugas-tugas di pekerjaan ialah pengolahan dokumen, manejemen perpustakaan, komputerisasi perpustakaan. bahan rujukan dan bahasa Inggris. Sesuai dengan tuntutan dan perkembangan dunia kerja, mayoritas responden menilai perlunya menekankan subyek-subyek komputer dan berbagai aplikasinya, manejemen dan bahasa Inggris. Kebutuhan akan perlunya mengembangkan ketrampilan dan keahlian kerja untuk mengantisipasi tuntutan-_tuntutan pekerjaan dirasakan sangat perlu oleh mayoritas responden (84%). Untuk itu mereka menyatakan JIP FSUI perlu mengadakan pertemuan ilmiah dengan para praktisi dan menyesuaikan kurikulumnya dalam konteks perkembangan teknologi sekarang ini agar dapat mengikuti perkembangan-perkembangan yang telah terjadi di lapangan.

 File Digital: 1

Shelf
 S 0100182_Karier Lulusan Jurusan.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : S15648
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 1998
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : x, 114 pages : illustration ; 28 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S15648 14-19-217230803 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20159121