:: UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Komitmen organisasi-staf perpustakaan di lima perpustakaan surat kabar harian Jakarta

Palupi, Sarwendah Sri; Anon Mirmani, supervisor; Peppy M. Mardjaban, supervisor; Pranajaya, examiner ([Publisher not identified] , 1998)

 Abstrak


ABSTRAK
Penelitian mengenai komitmen organisasi (organizational commitment) telah dilakukan di perpustakaan surat kabar harian (the) Jakarta Post, Kompas, Republika, Suara Pembaruan dan Bisnis Indonesia, di Jakarta pada bulan Maret sampai dengan April 1998. Tujuan dari penelitian ini adalah: pertama, memberikan gambaran mengenai tingkat komitmen organisasi staf perpustakaan surat kabar secara keseluruhan maupun berdasarkan pembagian Allen dan Meyer (1990). Medan, mengetahui perbedaan komitmen organisasi berdasarkan usia, jenis kelamin, pendidikan dan masa kerja staf serta mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi komitmen mereka.
Pengumpulan data utama dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepada responden. Cara penyusunan kuesioner dan pengambilan sampel dijelaskan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat komitmen organisasi staf perpustakaan surat kabar harian adalah cenderung tinggi (4,300). Sedangkan menurut jenis komitmen organisasi dari Allen dan Meyer terlihat bahwa responden memiliki komitmen afektif yang tinggi (4,333), komitmen berkesinambungan yang cenderung tinggi (4,096) dan komitmen normatif yang tinggi (4,374). Perbedaan tingkat komitmen organisasi yang signifikan terlihat antara responden pria dan wanita serta antara responden yang memiliki tingkat pendidikan yang tinggi. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa faktor tingkat pendidikan dan jenis kelamin seseorang mempengaruhi komitmennya terhadap organisasi tempat mereka bekerja. Disamping itu ada pula beberapa hal yang dapat mempengaruhi komitmen organisasi seseorang secara positif seperti adanya jaminan kesejahteraan yang memadai (Gaji, tunjangan, fasilitas, dsb), lingkungan kerja yang cocok dan kemampuan menambah wawasan. Sedangkan faktor yang berpengaruh secara negatif adalah pekerjaan yang monoton dan membosankan, manajemen yang dirasa perlu untuk diperbaiki dan peraturan organisasi yang dirasa kurang sesuai.
,br>
Komitmen organisasi staf perpustakaan secara keseluruhan sudah cukup baik sebab responden memiliki komitmen afektif dan normatif yang lebih tinggi dibandingkan komitmen berkesinambungan (Allen dan Meyer, 1993). Namun demikian perlu dipertahankan atau ditingkatkan dengan melakukan usaha-usaha sebagai berikut: (1) Memperhatikan keluhan karyawan berkenaan dengan manajemen dan peraturan_-peraturan organisasi. (2) Memperhatikan faktor pendidikan dan jenis kelamin dalam upaya meningkatkan komitmen organisasi staf perpustakaan. Misalnya: untuk pria, hendaknya diberikan tugas-tugas yang bersifat menantang dan besar tanggung jawabnya. Sedangkan wanita, hendaknya diberikan kesempatan yang lebih luas untuk memenuhi kebutuhan berafiliasinya. Selain itu, perusahaan/organisasi perlu untuk memberikan tanggung jawab pekerjaan berdasarkan kemampuan staf sesuai dengan apa yang diperoleh di bangku pendidikan. 3) Memperhatikan faktor-faktor lainnya yang berpengaruh secara positif dalam meningkatkan komitrnen organisasi.

 File Digital: 1

Shelf
 S 0001232_Komitmen Organisasi Staf.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : S15302
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : [Place of publication not identified]: [Publisher not identified], 1998
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : x, 139 pages : illustration ; 28 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S15302 14-19-797056717 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20159172