:: UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Sikap mahasiswa Program Sarjana Fakultas Sastra terhadap layanan Perpustakaan Fakultas Sastra Universitas Indonesia

Herry Prasetyo; Sulistyo Basuki, supervisor (Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2002)

 Abstrak

Penelitian tentang Sikap Mahasiswa Program Sarjana Fakultas Sastra terhadap layanan Perpustakaan Fakultas Sastra Universitas Indonesia (FSUI) telah dilaksanakan. Jenis layanan Perpustakaan FSU1 yang menjadi obyek dalam penelitian ini meliputi sirkulasi, referensi 1 rujukan. surat kabar, majalah 1 jurnal ilmiah, skripsi 1 laporan penelitian, penelusuran informasi 1 literatur, fotokopi dan internet. Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk memperolch inlormasi mengenai sikap mahasiswa Program Sarjana PSUI terhadap layanan Perpustakaan FSUI scbagai unsur penunjang lerlaksananya tri dharma perguruan tinggi. Selain itu dapat mengetahui sikap mahasiswa sebagai pemakai perpustakaan terhadap pctugas perpustakaan dalam membantu pemakai mcmperoleh informasi dan bahan pustaka yang dibutuhkan, dengan dcmikian dapat diketahui apakah pctugas Perpustakaan FSU1 telah dianggap baik oleh pemakai dalam melaksanakan tugasnya. khususnya menyangkut layanan yang diberikan.
Metode yang digunakan dalam penelitian yang telah dilaksanakan adalah dengan melakukan penelitian dcskriptif, dengan pendekatan penelitian pemakai atau user survey. Populasi pada penelitian ini mahasiswa Program Sarjana FSUI, besaran contoh ditetapkan untuk penelitian ini adalah sebanyak 100 orang mahasiswa Program Sarjana FSU1 sebagai responden. Conioh pada penelitian ini diambil secara kebetulan (accidental sampling). Pcnarikan contoh secara kebetulan dilakukan karena adanya keterbatasan, populasi yang tidak diketahui dengan pasti. Cara ini mudah dilaksanakan, karateritik populasi tidak dipertimbangkan. Dengan demikian hasil/kesimpulan yang ditarik hanya berlaku untuk populasi yang diambil bukan sebagai kesimpulan umum. Analisa data pada penelitian ini dilakukan dengan berpedoman pada skala Liken.
Hasil dari penelitian yang telah dilaksanakan menunjukan bahwa pada dasarnya jenis layanan yang ada di Perpustakaan FSUI, dan menjadi obyek pada penelitian ini telah dianggap baik oleh mahasiswa dan membantu menyelesaikan tugas perkuliahan, demikian juga halnya dengan petugas dalam memberikan layanan telah melakukan tugasnya dcngan baik. Namun demikian ada beberapa jenis layanan di Perpustakaan FSU1 yang masih harus diperbaiki keberadaanya dalam rangka meningkatkan layanan untuk masa mendatang. Jenis layanan yang dimaksud misalnya menurut mahasiswa, prosedur permintaan fotokopi dianggap lambat serla hasilnya yang kurang baik dan kurang memuaskan, demikian juga dengan waktu akses/keterhubungan pada layanan internet menurut mahasiswa dianggap lambat.
Dari hasil yang ditemukan dalam penelitian ini, diharapkan dapat dimanfaatkan oleh pihak Perpustakaan FSUI dalam mempertahankan bahkan lebih meningkatkan lagi jenis layanan yang telah dianggap baik oleh mahasiswa. Untuk jenis layanan yang dianggap kurang baik masih kurang oleh mahasiswa, dapat dicarikan alternatif pemecahannya guna memperbaiki/meningkatan layanan tersebut. Selain itu, hasil penelitian ini dapat memberikan sumbangan pemikiran untuk kelanjutan dari penelitian ini, dengan topik yang sama atau berkaitan dalam dunia perpustakaan.

 File Digital: 1

Shelf
 S - Herry Prasetyo.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : S15122
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2002
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : xv, 83 lembar ; 27 cm.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S15122 14-20-234294183 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20159186