:: UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Tanggapan masyarakat terhadap Perpustakaan Umum : studi kasus pada Perpustakaan Umum Kotamadya Jakarta Timur

Riesza Andarwanti Setya; Zulfikar Zen, supervisor (Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2002)

 Abstrak

Perpustakaan umum memiliki peranan besar dalam mencerdaskan dan meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat khususnya masyarakat di sekitar perpustakaan umum itu berada. Namun, pada kenyataannya, perpustakaan umum belum dimanfaatkan secara optimal oleh masyarakat. Penelitian dilakukan di Perpustakaan Umum Kotamadya Jakarta Timur sebagai studi kasus. Penentuan sample untuk penelitian dilakukan dengan cara purposive sampling dengan menggunakan masyarakat Kelurahan Rawa Bunga yang berusia di atas 20 tahun dan sample diambil dari beberapa wilayah rukun tetangga (RT) Kelurahan Rawa Bunga yang lokasinya terdekat dengan Perpustakaan Umum Kotamadya Jakarta Timur.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tanggapan masyarakat terhadap perpustakaan umum oleh karena itu, penulis menganalisis 92 kuesioner yang telah disebarkan ke masyarakat Rawa Bunga sebagai responden.
Hasil yang diperoleh secara umum adalah masyarakat Rawa Bunga memberikan pendapat positif tentang perpustakaan umum. Hal ini terbukti bahwa 81,52 % masyarakat Rawa Bunga mengakui bahwa keberadaan perpustakaan Umum penting bagi kehidupan manusia namun pendapat yang mereka berikan tidak sesuai dengan kenyataan yang terjadi. Ada 38,04 % dari mereka memilih menonton TV untuk mendapatkan informasi dan hanya ada 18,48 % yang biasa pergi ke perpustakaan umum. Tanggapan masyarakat terhadap keberadaan perpustakaan umum memang baik, namun, mereka belum memanfaatkan layanan perpustakaan umum secara optimal. Hal ini karena adanya keterkaitan dengan budaya baca masyarakat yang masih rendah dan pihak perpustakaan umum yang kurang proaktif terhadap masyarakat dalam mempromosikan layanan mereka.

 File Digital: 1

Shelf
 S 0200439_Tanggapan Masyarakat Terhadap.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : S15173
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2002
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : vii, 144 lembar : ill. ; 28 cm.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S15173 14-20-311439125 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20159253