:: UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Pemanfaatan koleksi CD-Rom oleh mahasiswa jurusan Akuntasi Fakultas Ekonomi UI di Perpustakaan jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi UI

Simanjorang, Ependi; Indira Irawati, supervisor; Siti Sumarningsih, examiner; Luki Wijayanti (Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2001)

 Abstrak

Penelitian mengenai pemanfaatan koleksi CD-ROM ini dilakukan di Perpustakaan Jurusan Akuntansi FE-UI pada bulan September 2001 sampai dengan Desember 2001.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat pemanfaatan koleksi CD-ROM di Perpustakaan Jurusan akuntansi FE-UI, untuk mengetahui kemahiran mahasiswa Jurusan Akuntansi FE-UI mengoperasikan pangkalan data CD-ROM, untuk mengetahui kesesuaian informasi yang ada dalam pangkalan data CD-ROM dengan bidang yang dibutuhkan, untuk mengetahui faktor yang mendorong dan yang menghambat dalam mendayagunakan layanan koleksi CD-ROM di Perpustakaan EAK FEUI.
Tipe penelitian ini adalah deskriptif, dengan menggunakan metode survey. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan rumus Slovin. Kuesioner digunakan sebagai alat mengumpul data pokok. Hasil penyebaran kuesioner diperoleh 104 responden. Analisis data dilakukan dengan penghitungan menggunakan rumus prosentase dan skala Linkert.
Hasil penelitian menunjukkan tingkat pemanfaatan koleksi CD-ROM di Perpustakaan EAK FEUI masih rendah, tingkat kemahiran mahasiswa mengoperasikan pangkalan data CD-ROM tinggi, kesesuaian informasi dalam pangkalan data CD-ROM dengan bidang studi relevan. Faktor yang mendorong diantaranya koleksi CD-ROM di Perpustakaan EAK FEUI relevan dengan bidang studi, tarif yang ditetapkan untuk pengoperasian masih batas wajar, spesifikasi komputer yang digunakan untuk mengoperasikan koleksi CD-ROM memadai, syaratyang ditetapkan oleh pihak perpustakaan untuk masuk anggota perpustakaan mudah. Faktor yang menghambat dalam mendayagunakan koleksi CD-ROM di Perpustakaan EAK FEUI adalah jumlah unit komputer yang digunakan untuk mengoperasikan koleksi CD-ROM rnasih kurang karena perpustakaan hanya menyediakan 1 unit komputer.
Untuk peningkatan layanan ini perlu melakukan penambahan komputer, luas ruangan, dan disosialisasikan kepada seluruh mahasiswa yang ada di Jurusan Akuntansi FEUI, juga perlu ditetapkan batas waktu menggunakan koleksi CD-ROM.

 File Digital: 1

Shelf
 S 0300185e.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : S15337
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2001
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : vi, 95 pages : illustration ; 28 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S15337 14-19-769346197 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20159258