:: UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Kajian penggunaan katalog khususnya di Pusat Perpustakaan Pertanian dan Biologi

Soetitah Siwi Soedojo; Lily K. Somadikarta, supervisor; Prabowo Tjitropranoto, supervisor; Urip Sutono, examiner (Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 1985)

 Abstrak

Perpustakaan memiliki berbagai masalah yang menarik sebagai bahan kajian. Masalah tersebut dapat berupa sarana atau jasa. Sa_lah satu sarana perpustakaan yang akan dikaji di dalam penelitian ini ialah katalog.
1. DASAR PEMIKIRAN
Keberhasilan misi sebuah perpustakaan biasanya diukur melalui pelayanannya. Suatu perpustakaan dapat memberikan pelayanan dengan baik bila didukung oleh sarana yang baik pula. Salah satu sarana yang amat penting dalam pelayanan perpustakaan adalah katalog. Melalui katalog pustakawan maupun pengguna dapat mengetahui koleksi perpustakaan dan mencari literatur yang diperlukannya. Bi_la katalog dipersiapkan dengan baik, pengguna akan dapat mengguna_kannya tanpa banyak kesulitan. Dengan kata lain, katalog haruslah bersifat komunikatif.
Untuk dapat menyajikan katalog yang berfungsi dengan baik, pustakawan telah mencurahkan tenaga, pikiran, maupun waktu yang ti_dak sedikit. Pedoman-pedoman pengkatalogan yang disusun oleh para ahli melalui pengalaman selama puluhan tahun biasanya juga digunakan. Namun semua jerih payah ini tidak selalu mencapai sasarannya. Masih banyak pengguna perpustakaan merasa kecewa, karena mereka menganggap bahwa katalog yang disajikan terlalu sulit dan tidak sesuai dengan kemampuan mereka. Jadi nyatalah dalam mempersiapkan katalog, selain sistem yang baik faktor keinginan pengguna juga harus diperhatikan.
Pusat Perpustakaan Pertanian dan Biologi atau disingkat PUSTAKA, adalah suatu perpustakaan bertaraf nasional yang telah berusia lebih dari satu abad. Perpustakaan ini merupakan sumber informasi utama dalam pertanian bagi para peneliti, dosen, mahasiswa, pelajar, pengusaha, dan masyarakat lain. Sebagai pusat sumber informasi dalam bidangnya, PUSTAKA perlu meningkat pelayananannya secara terus menerus. Salah satu cara untuk meningkatkan pelayanan ialah dengan jalan memperbaiki sarananya, antara lain katalog. di PUSTAKA katalog memiliki peranan yang amat penting dalam pelayanan karena perpustakaan ini menggunakan sistem tertutup (closed access) bagi sebagian besar penggunanya. Di dalam sistem ini pengguna tidak dapat langsung mencari buku di rak, tetapi hanya dapat mencari informasi melalui katalog.
2. TUJUAN PENELITIAN
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui:
(a) seberapa jauh sistem katalog yang ada sekarang ini sudah memenuhi fungsinya dengan baik, dilihat dari keberhasilan pengguna dalam penelusuran.
(b) macam-macam titik pendekatan yang paling sering digunakan oleh pengguna dalam penelusuran.

 File Digital: 1

Shelf
 Kajian penggunaan S 8501354.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : S15693
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 1985
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : vi, 86 pages ; 28 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S15693 14-19-125380979 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20159266