:: UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Dua versi De Laatste generaal karya H.J. Friedericy : sebuah analisis struktur

Niken I. Pattiserlihoen; Christina Turut Suprihatin, supervisor; Groeneboer, Kees, examiner ([Publisher not identified] , 1995)

 Abstrak

ABSTRAK
Roman sejarah De Laatste Generaal yang ditulis K T.Friedericy pada tahun 1942 dan diterbitkan pada tahun 1958 merupakan versi kedua dari karya aslinya yang terbit pada tahun 1947. Versi pertama yang terbit tahun 1947 tersebut berjudul Bontorio, de laatste generaal. Eisah claim kedua karya itu terjadi pada latar yang sama yaitu di Sulawesi Selatan, tepatnya di daerah Bone. Cerita bersumber dari situasi kehidupan para bangsawan Bone yang mengalami keresahan karena masuknya Belanda ke tanah air mereka
Di dalam skripsi ini akan dianalisis bagaimana visi RI Friedericy (yang berkebangsaan Belanda) terhadap berbagai kelompok etnis di Bone selama pendudukan Belanda Perbedaan dan persamaan menyangkut struktur, penyajian dan tema dalam Bontorio, de Iaatste generaal dan De Iaatste generaal merupakan pokok-pokok bahasan yang akan dibahas dalam skripsi ini. Pertama akan diberikan gambaran tentang hubungan Friedericy dengan Sulawesi Selatan dan situasi sosial politik di Sulawesi Selatan pada saat pendudukan Belanda dinilai. Ini dimaksudkan agar lebih mudah memahami analisis siruktur pada bab berikutnya. Selanjutnya akan dibahas tentang struktur, untuk kemudian ditarik kesinipulan yang juga akan memberikan gambaran tentang kesan pembaca mengenai kedua karya H.J.Friedericy di atas.

 File Digital: 1

Shelf
 Niken I. Pattiserlihoen.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : S15911
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : [Place of publication not identified]: [Publisher not identified], 1995
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : vi, 64 pages ; 28 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S15911 14-19-928077674 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20159479