Tinjauan semantis pada gaya bahasa dalam teks iklan produk kebutuhan pokok di majalah Libelle, Margriet, Elegance, Nouveau, Avantgarde, dan Cosmopolitan
Nuria Bonita;
Andrea Pradsna Paramita Djarwo, supervisor
(Universitas Indonesia, 2006)
|
Iklan merupakan suatu bentuk komunikasi berisi pesan atau penawaran berupa jasa maupun materi yang bertujuan untuk menarik perhatian masyarakat terhadap isi pesan tersebut. Untuk menarik perhatian sasarannya, maka iklan menggunakan gaya bahasa dalam teks iklannya. Dalam skripsi ini dianalisis penggunaan gaya bahasa berdasarkan pembagian menurut Keraf, Renkema, dan Gerriitsma pada teks iklan produk kebutuhan pokok di majalah-majalah wanita, Libelle, Margriet, Elegance, Nouveau, Avantgarde, dan Cosmopolitan. Hasil analisis menunjukan bahwa terdapat 18 gaya bahasa yang terdapat pada korpus, yaitu: antitesis, oksimoron dan paradoks; enumerasi; hipalase; hiperbola; ironi dan sarkasme; klimaks; litotes dan meiosis; metafora; metonimia; paralelisme; permainan kata; aliterasi dan asonansi... |
No. Panggil : | S15965 |
Entri utama-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama badan : | |
Penerbitan : | Depok: Universitas Indonesia, 2006 |
Program Studi : |
Bahasa : | ind |
Sumber Pengatalogan : | |
Tipe Konten : | |
Tipe Media : | |
Tipe Carrier : | |
Deskripsi Fisik : | ix, 184 lembar : ill. ; 28 cm. |
Naskah Ringkas : | |
Lembaga Pemilik : | Universitas Indonesia |
Lokasi : | Perpustakaan UI, Lantai 3 |
No. Panggil | No. Barkod | Ketersediaan |
---|---|---|
S15965 | 14-21-549271982 | TERSEDIA |
Ulasan: |
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20159765 |