:: UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Analisis unsur intrinsik Tomi di negeri Kurcaci studi kasus cerita fantasi yang diceritakan kembali oleh 5 anak kelas III SD Yaspen Tugu Ibu

Fifi Juliana Jelita; Sarumpaet, Riris Kusumawati, supervisor (Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2006)

 Abstrak

Kajian cerita Tomi di Negeri Kurcaci oleh lima orang responden yang duduk di kelas III SD Yaspen Tugu Ibu ini menggambarkan pola cerita yang dituturkan secara lisan sebagai bentuk aoresiasi anak terhadap sebuah cerita fantasi yang dibacakan secara lisan oleh pencerita dewasa dengan menggunakan pendapat Sarumpaet , Djokosujatno, Sudjiman, Nurgiyantoro, Keraf, dan Foster.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menjelaskan unsur intrinsik dominan yang terangkum dalam cerita fantasi Tomi di Negeri Kurcaci. Yang dituturkan kembali oleh anak-anak kelas III SD Yaspen Tugu Ibu Depok. Dari lima buah cerita responden yang dianalisis, unsur intrinsik yang muncul dominan secara berurutan adalah tokoh, alur, tema dan amanat, dan teknik penceritaan. Sementara latar, menjadi unsur yang tidak muncul dalam cerita yang dihasilkan ke lima orang responden.
Cerita fantasi yang seharusnya menjadi tema besar dalam kajian ini ternyata tidak muncul sebagaimana mestinya. Beberapa kendala yang dihadapi anak saat ini proses penceritaan kembali dilakukan membuat anak menceritakan Tomi di Negeri Kurcaci hanya sebagai cerita fiksi yang biasa terjadi dalam kehidupan sehari-hari. Namun demikian, kemampuan anak dalam berimajinasi dan berfantasi tanpak dalam ilustrasi gambar yang masuk sebagai bagian dari observasi terhadap responden. Anak ternyata lebih mudah menyajikan gambaran imajinasi secara visual daripada dituturkan atau dilisankan

 Metadata

No. Panggil : S10856
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2006
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : vii, 81, [28] lembar : ill. ; 28 cm.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S10856 14-20-133133039 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20159767