:: UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Unsur Musik Dalam Tiga Buah Sajak Khalil Matran: Sebuah Gambaran Penghayatan Terhadap Visi Kemerdekaan Dalam Analisis Struktural

Hali Mohammad S.; Ramli Harun, supervisor; Zainuddin Mansur, examiner; Afiah Thamrin, examiner (Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 1988)

 Abstrak

Tujuan penelitian ini mencoba mangungkapkan visi kemerdekaan sebagai suatu gagasan yang terkandung dalam sajak Khalil Matran. Dikutip dari antologi puisi berjudul Diwan al-Khalil, terbitan Dar al-Hi1a1, 1949. Volume 1 & 3, halaman 45, 246-247 dan 50-73. Meskipun banyak sajak Khalil Matran mempunyai kesan bermuatan masalah kemerdekaan, namun penelitian ini dibatasi pada tiga buah sajak saja. Ketiga sajak tersebut adalah 1. Sajak Taniyyat al-Hurriyyat , 2. Sajak Yafi' dan 3. Sajak Qasida Nairun. Skripsi ini menggunakan metode Struktural. Metode ini memiliki konsep bahwa setiap unsur dalam sajak bersifat fungsional. Unsur-unsur tersebut saling berkaitan dan membentuk satu kesatuan yang utuh. Dalam hal ini penulis membatasi diri pada pemahaman segi bentuk, segi retorik dan visi kemerdekaan. Hasil analisis ketiganya memperlihatkan bahwa ketiga sajak yang dibahas mengandung gagasan atau visi kemerdekaan sebagai suatu cita-cita. Kemerdekaan itu tampil.serempak dan hadir dalam pengungkapan ketiga unsur tersebut.

 File Digital: 1

Shelf
 Hali Mohammad S. .pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : S-Pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : [Place of publication not identified]: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 1988
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : ix, 99 : illustration ; 28 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S-Pdf 14-19-252752906 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20160076