:: UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Teknik arus kesadaran dalam Mrs. Dalloway dan Stasiun: sebuah perbandingan

Hendrawati Prowotohadikusumo; Sapardi Djoko Damono, 1940-2020, supervisor (Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 1980)

 Abstrak

Dalam kehidupan kesusastraan Inggris, Virginia Woolf termasuk salah seorang penulis yang disebut pembaharu, terutama dalam penggunaan teknik penulisan arus kesadaran (Richter 1970 :vii). Novel-novel yang ditulisnya dianggap puitis serta memiliki kualitas simbolik, sekaligus dinilai halus dan peka dalam usahanya untuk menembus keadaan jiwa manusia yang hadir sebagai tokoh-tokoh novelnya (Holroyd 1971: 22-7). Putu Wijaya merupakan pelopor penggunaan gaya penulisan arus kesadaran di Indonesia (Sumardjo 1979:43). Disebut pula sebagai pembaharu dalam dunia kesusastraan Indonesia (ibid:18).
Dua karya yang akan diperbandingkan adalah Mrs. Dalloway karya Virginia Woolf dan Stasiun karya Putu Wijaya. Keduanya memakai teknik penulisan yang mengikuti aliran kesadaran tokoh novel mereka itu, dan dibandingkan dengan karya-karya mereka lainnya kedua novel ini memiliki lebih banyak kesejajaran dalam peristiwa serta jarak yang tidak terlampau dalam kehidupan kesusastraan Inggris, Virginia Woolf termasuk salah seorang penulis yang disebut pembaharu, terutama dalam penggunaan teknik penulisan arus kesadaran (Richter 1970 :vii). Novel-novel yang ditulisnya dianggap puitis serta memiliki kualitas simbolik, sekaligus dinilai halus dan peka dalam usahanya untuk menembus keadaan jiwa manusia yang hadir sebagai tokoh-tokoh novelnya (Holroyd 1971: 22-7). Putu Wijaya merupakan pelopor penggunaan gaya penulisan arus kesadaran di Indonesia (Sumardjo 1979:43). Disebut pula sebagai pembaharu dalam dunia kesusastraan Indonesia (ibid:18).

 File Digital: 1

Shelf
 Hendrawati Prowotohadikusumo.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Kata Kunci

 Metadata

No. Panggil : S14105
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 1980
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : iii, 83 lembar ; 28 cm.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S14105 14-20-774202233 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20160103