:: UI - Skripsi Open :: Kembali

UI - Skripsi Open :: Kembali

Penggunaan partikel modalitas dalam artikel wawancara rublik entertainment majalah Focus dan artikel wawancara majalah Treff edisi Januari-Agustus 2007

Sihaloho, Sara Christianti; Leli Dwirika, supervisor (Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2008)

 Abstrak

Dalam skripsi ini, saya meneliti partikel modalitas apa saja yang muncul dalam artikel wawancara rubrik Entertainment majalah Focus dan artikel wawancara majalah Treff edisi Januari-Agustus 2007, apa fungsinya dan dimana posisinya dalam berbagai jenis kalimat.
Tujuan penelitian ini adalah untuk memaparkan partikel modalitas yang muncul, memerikan posisinya dalam berbagai jenis kalimat, serta menjelaskan apa fungsinya. dalam artikel wawancara rubrik Entertainment majalah Focus dan artikel wawancara majalah Treff edisi Januari-Agustus 2007. Selain itu juga untuk mengetahui perbandingan penggunaan partikel modalitas antara kedua majalah tersebut.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dan analisis kontrastif. Korpus data yang digunakan dalam penelitian ini berupa kalimat-kalimat yang mengandung partikel modalitas. Sumber data diambil dari artikel wawancara rubrik Entertainment majalah Focus dan artikel wawancara majalah Treff edisi Januari-Agustus 2007.
Melalui analisis artikel wawancara pada bab tiga saya dapat menarik kesimpulan bahwa partikel-partikel modalitas yang muncul dalam majalah Focus ada 23 partikel, sedangkan partikel yang muncul dalam majalah Treff ada enam buah. Enam fungsi partikel modalitas muncul dalam majalah Focus, sedangkan dalam majalah Treff dua. Perbandingan penggunaan partikel modalitas antara kedua majalah tersebut adalah memiliki selisih yang kecil. Pada majalah Focus 5,2%, sedangkan pada majalah Treff 5,4%.

 File Digital: 1

 Metadata

No. Panggil : S14815
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2008
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : ix, 123 lembar ; 28 cm.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S14815 14-19-090687498 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20160186