:: UI - Skripsi Open :: Kembali

UI - Skripsi Open :: Kembali

Analisis pengaruh sosok ibu terhadap pembentukan karakter tokoh Tamura dalam novel Homuresu Chugakusei karya Tamura Hiroshi

Marissa Maria Dewi; Hutabarat, Jonnie Rasmada, supervisor (Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2008)

 Abstrak

Tak lama setelah novel Homuresu Chugakusei dipublikasikan, penjualan novel ini melambung tinggi. Dalam waktu yang relative singkat novel ini dapat menjadi sebuah novel best seller. Dalam novel ini terdapat tokoh Tamura yang digambarkan sebagai mempunyai kedekatan yang mendalam dengan ibunya. Kedekatannya berakhir ketika ibunya meninggal dunia. Tetapi, walaupun ibunya telah tiada, kenangannya akan ibu tetap melekat. Kedekatan Tamura dengan sosok ibunya lah yang menjadi pusat perhatian. Penelitian ini bertujuan untuk mencari tahu alasan _ alasan mengapa novel ini mendapatkan samburan sehangat itu dan sejauh mana peranan ibu dalam pembentukan karakter tokoh Tamura di kemudian hari. Bahan dari penelitian ini adalah novel Homuresu Chugakusei yang ditulis oleh Tamura Hiroshi. Novel yang sangar laris ini menceritakan pengalaman pribadi dari sang penulis. Sedangkan teori yang dipakai dalam penelitian ini adalah teori attachment atau teori kelekatan yang dikemukakan oleh Bowlby dan Ainsworth. Berdasarkan hasil analisis disimpulkan bahwa novel ini menarik perhatian banyak orang karena topik homeless yang diangkat novel ini memang sedang hangat dibicarakan dan karena yang mengalami homeless dalam novel ini adalah anak kecil. Status pengarang novel ini yang juga adalah seorang artis juga merupakan alasan orang membeli buku ini. Dalam hal hubungannya dengan ibunya, kedekatan Tamura.

 File Digital: 1

 Metadata

No. Panggil : S13557
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2008
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : viii, 55 lembar : 27 cm.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S13557 14-17-678952295 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20160196