:: UI - Skripsi Open :: Kembali

UI - Skripsi Open :: Kembali

Cinta kasih yang menyembuhkan luka perang dan memulihkan hubungan persahabatan: analisis tema dalam cerpen Hak karya Hwang Sun-won

Tambunan, Sarah Maretha; Tommy Christomy, supervisor (Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2011)

 Abstrak

Penelitian ini menganalisis tema yang terkandung dalam cerpen Korea berjudul Hak karya Hwang Sun-won dengan memaparkan subtema yang terkait dan menjelaskan gagasan pendukung. Sebagai bahan penelitian digunakan teks cerpen Hak. Alasan pemilihan cerpen ini adalah karena berbeda dengan karya sastra mengenai perang sipil pada umumnya yang lebih mengutamakan perbedaan ideologi, Hak justru menggambarkan tragedi kemanusian melalui keadaan dua sahabat ketika terjadinya Perang Korea yang erat kaitannya dengan tema kemanusiaan, sehingga karya ini menarik untuk dianalisis. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif analitis dengan teknik yang digunakan adalah analisis teks dengan merujuk pada teks cerpen Hak karya Hwang Sun-won. Pendekatan analitis teks dalam penelitian ini digunakan sebagai salah satu tolak dalam mengkaji karya sastra yang berkaitan dengan masalah-masalah tema kemanusiaan. Temuan yang diperoleh dari analisis penelitian ini ialah bahwa cerpen ini mengungkapkan tema kemanusiaan, yakni cinta kasih antar manusia yang mampu menyembuhkan atau mengobati luka atau penderitaan akibat Perang Korea. Melalui karya ini, pengarang juga berupaya untuk mengajak masyarakat Korea menemukan kembali hakikat sejati manusia yang saling menyayangi yang kerap terlupakan akibat perang.

This study analyzes the theme contained in Korea short story called Hak by Hwang Sun-won by examining the sub-themes which related and by explaining the supporting ideas. As the object of the study, writer uses the passage of the short story, Hak, itself. Writer chose this short story as the object of study because unlike many other tragic civil war tales focusing on the ideological differences, Hak portrays human tragedy of the Korean War through relationship between two best friends during Korean War which deeply related to humanity. Therefore it made this short story more interesting to be analyzed. This study used the analytic-descriptive method by using text analysis technique which refers to the short story, Hak, by Hwang Sun-won itself. This text analysis approaching is used as a base in examining the literature related to humanity problems. The result shown from this study is that this short story expresses the humanity theme which is love and warmth between human beings can heal the pain and suffer caused by Korean War. Through this story, the writer also try to urge people to realize the real value of human most likely forgotten because of war which is caring and loving each other.

 Metadata

No. Panggil : S15986
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2011
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : xii, 58 lembar ; 30 cm.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S15986 14-21-035496472 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20161130