:: UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Kandungan merkuri pada ikan gabus (channa striata fowler) dan sepat (trichogaster trichopterus pallas) disungai Sunter, Jakarta

Luthfiralda Sjahfirdi; Sunarya Wargasasmita, supervisor; Suswanto Rasidi, supervisor (Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia, 1989)

 Abstrak

ABSTRAK
Telah dilakukan penelitian tentang kandungan merkuri dari dua spesies ikan yaitu lkan gabus (Channa striata Fowler) dan ikan sepat (Trichogaster trichopterus Pallas) yang diambil dari lima stasiun yang telah ditentukan di sepanjang sungai Sunter dari hulu hingga ke hilir. Selain dari itu telah diperiksa pula kandungan merkuri pada air sungai dari ke lima stasiun tersebut.
Pengukuran kandungan merkuri pada sampel ikan dan sampel air dilakukan dengan menggunakan alat Serapan Atom Tanpa Nyala atau AAS (Atomic Absorption Spectrophotometer).
Kandungan merkuri rata-rata pada lkan sepat bervariasi antara 0,948 - 2,662 ppm, sedangkan pada
ikan gabus bervariasi antara 0,146 - 1,258 ppm. Kandungan merkuri rata-rata pada seluruh sampel ikan sepat melebihi baku mutu kandungan merkuri yang diperbolehkan oleh berbagai organisasi internasional, sedangkan pada ikan gabus kandungan merkuri rata-rata yang melebihi baku mutu berasal dari stasiun Pondok Ranggon dan stasiun Pulo Gadung. Kandungan merkuri air sungai pada seluruh stasiun tercatat kurang dari 1 ppb, yang merupakan baku mutu yang diperbolehkan oleh berbagai organisasi internasional.
Dengan membandingkan kandungan merkuri pada ikan dan kandungan merkuri pada air sungai diketahui faktor biokonsentrasi pada masing-masing spesies ikan. Faktor biokonsentrasi ikan gabus berkisar antara 395 - 2995 sedang faktor biokonsentrasi ikan sepat berkisar antara 2216 - 6338.
Dari analisis korelasi jenjang Spearman diketahui adanya korelasi antara kandungan merkuri pada air sungai dengan kandungan merkuri pada lkan sepat dan tldak adanya korelasi antara kandungan merkuri pada air sungai dengan kandungan merkuri pada ikan gabus.

 File Digital: 1

Shelf
 S-Luthfiralda Sjahfirdi.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Kata Kunci

 Metadata

No. Panggil : S-Pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia, 1989
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : ix, 85 pages : illustration ; 28 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S-Pdf 14-18-185272118 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20175651