:: UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Aktivitas antibiotik aspergillus clavatus UICC 312 yang dibiakkan dengan pengocokan dan tanpa pengocokan terhadap beberapa mikroorganisme

Bekti Lestari; Indrawati Gandjar, supervisor; Sunarya Wargasasmita, supervisor (Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Indonesia, 1990)

 Abstrak

ABSTRAK
Dalan upaya pencarian senyawa metabolit sekunder baru yang bersifat antibiotik, telah dilakukan penelitian mengenai aktivitas antibiotik Aspergillus clavatus UICC 312 yang dibiakkan dengan pengocokan dan tanpa pengocokan terhadap beberapa mikroorganisne penguji. Penelitian ini bertujuan menbandingkan aktivitas antibiotik hasil fermentasi dengan pengocokan dan tanpa pengocokan; serta meneliti aktivitas antibiotik kapang tersebut terhadap bakteri, khamir dan
kapang lainnya. Asp. clavatus UICC 312 dibiakkan pada medium Potato Dextrose Broth, dengan pengocokan 112,5 rpm dan tanpa pengocokan; diinkubasi selama 6 hari pada suhu 30oC. Pengujian aktivitas antibiotik, dilakukan dendan menggunakan cylinder assay method terhadap bakteri Alcaligenes faecalis UICC B-5, Bacillus subtilis UICC B-11, Escherichia coli UICC B-15, Micrococcus Luteus UICC B-25, Proteus vulgyaris UICC B-39, Pseudomonas solanacearum .UlCC B-23 dan Staphylococus aureus UICC B-28; khamir Candida albicans UICC Y-29, C. tropicalis UICC Y-7 dan kapang Geotrichun candidum UICC 255.
Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa metabolit sekunder Asp. clavatus UICC 312 bersifat antibiotik terhadap semua bakteri penguji, tetapi tidak bersifat antibiotik bahkan merangsang pertumbuhan khamir dan kapang penguji. Hetabolit sekunder yang dihasilkan dengan cara pengocokan menpunyai aktivitas antibiotik lebih besar dibandingkan dengan tanpa pengocokan; perbedaan terlihat sangat nyata pada pengujian terhadap bakteri Bacillus subtilis UICC B-11, Escherichia coli UICC B-15 dan Pseudomonas solanacearum UICC B-23. Sensitivitas bakteri penguji tidak berbeda nyata terhadap aktivitas antibiotik Asp clavatus UICC 312 dengan pengocokan; tetapi berbeda nyata terhadap aktivitas antibiotik Asp. clevatus UICC 3I2 tanpa pengocokan.

 File Digital: 1

Shelf
 S-Bekti Lestari.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : S-Pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Indonesia, 1990
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : x, 124 pages + illustration, 28 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S-Pdf 14-18-220446705 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20175663