:: UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Pemeriksaan pendahuluan kandungan Kimia pada daun graptophillum pictum (L) griff (handeuleum)

Kolopaking, Ari Mulyani; Lubis, Ischak, supervisor; Azhar Machmud, supervisor (Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia, 1980)

 Abstrak

ABSTRAK
Graptophyllum pictum (L) Griff yang dikenal dengan nama daerah handeuleum akhir-akhir ini dilaporkan dapat digunakan untuk pengobatan penyakit "haemorrhoid". Baru-baru ini tanaman ini telah digunakan oleh seorang dokter di Bogor untuk pengobatan penyakit haemorrhoid dengan hasil yang baik. Adapun keterangan mengenai tumbuhan ini khususnya mengenai kandungan kimianya masih belum banyak di temukan dalam literatur. Karenanya penelitian terhadap daun ini perlu dilakukan terutama mengingat khasiat anti haemorrhoidnya. Penyelidikan dari daun ini dilakukan secara kwalitatif dan kromatografi lapisan tipis untuk saponin, glycosid, alkaloid, tannin, phenol derivat antrakinon. Berdasarkan hasil penelitian itu tanaman ini mengandung saponin {steroid glycosid) , alkaloid dan tannin sedangkan flavonoid phenol, dan antrakinon tidak ditemukan .
ABSTRACT
Graptophyllum pictum (L) Griff or locally known as handeule urn was reported to have medicinal application in Indonesiaamong others as antihaemorrhoid drug. Recently this plant has been used successfully by a physician in Bogor for the treatment of haemorrhoid. After going through literature, it is learned that very little or none is known about the chemistry of this plant. Accordingly it felt neccessary to conduct ichemical study on this plant to discover substances with possible anti haemorrhoid activity . The study was made on the leaves by carrying out qualita-- tive tests and thin layer examination for saponins and other glycosides, alkaloids, tannins, phenolic substancesand anthraquinone derivates. The result indicated that the plant contains saponins (steroid glycosides), alkaloids and tannins, while flavoneid and anthraquinones seem to be absent in this plant.

 File Digital: 1

Shelf
 S-Ari Mulyani Kolopaking.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : S-Pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Penerbitan : Depok: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia, 1980
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : iii, 32 pages : illustration ; 28 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S-Pdf 14-20-061655506 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20176846