:: UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Simulasi Sistem Kendali Otomatis Tegangan Pemercepat dan Arus Berkas Elektron pada Mesin Berkas Elektron GJ-2 Berbasis Mikrokontroller MCS89S51

Rixson, Leons; Nada Marnada, supervisor; Prawito Prajitno, supervisor; Martarizal, examiner; Lingga Hermanto, examiner (Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia, 2005)

 Abstrak

Mesin Berkas Elektron adalah suatu alat atau mesin yang digunakan untuk mempercepat partikel - partikel bermuatan yang diarahkan pada suatu arah tertentu. Meskipun teknologi MBE berkembang terus, sistem kendali tegangan tinggi dan arus berkas elektron pada panel kontrol MBE GJ - 2 masih dilakukan secara manual. Guna peningkatan efisiensi dan kualitas bahan radiasi, penggunaan alat bantu otomatis pada sistem kendali tersebut merupakan upaya yang tepat untuk meningkatkan layanan iradiasi. Atas dasar inilah diadakan penelitian untuk mengembangkan sebuah sistem simulasi yang berbasiskan mikrokontroller 89S51 untuk digunakan dalam pengendalian putaran tegangan tinggi dan arus berkas.
Metode pengontrolan tegangan tinggi dan arus berkas mengunakan motor stepper, dengan pengolahan data yang disesuaikan dengan kondisi real di lapangan. Data yang ditampilkan berupa tampilan 7-segment dan Ampermeter analog. Program yang dibuat dalam mikrokontroller ini layak untuk diimplementasikan pada sistem sesungguhnya (di lapangan) karena data-data dari setiap sensor dapat langsung di ubah oleh ADC, untuk selanjutnya diproses oleh mikrokontroller untuk mengontrol tegangan tinggi dan arus berkas.

 File Digital: 1

Shelf
 S29103-Leons Rixson.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : S29103
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Penerbitan : Depok: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia, 2005
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : ix, 57 hlm. : ill. ; 28 cm. + lamp.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S29103 14-22-94366337 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20178165