:: UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Pengaruh penambahan filter aluminium (Al) terhadap mAs pada beberapa proyeksi radiografi

Teguh Darmawan; Rachmat Widodo Adi, supervisor; Supriyanto, supervisor (Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia, 2006)

 Abstrak

Telah dilakukan pengujian pengaruh penggunaan filter tambahan aluminium (Al) terhadap pesawat sinar-X radiodiagnotik konvensional. Pengukuran dilakukan dengan menggunakan filter tambahan yang terbuat dari bahan aluminium (Al) dengan ketebalan masing-masing 2,5 mm Al, 3,5 mm Al, dan 4 mm Al. Uji dilakukan dengan membuat nilai kV tetap dengan melakukan pencarian nilai mAs pada setiap penambahan filter tersebut. Pengukuran dilakukan dengan menggunakan alat ukur Rad Check M+ dan densitometer. Eksperimen dilakukan dengan menggunakan phantom manusia sebagai objek dengan proyeksi AP Abdomen, PA Thorak dan AP Pelvis. Selain itu, juga dilakukan pengujian focal spot dengan menggunakan star pattern yang bertujuan menguji perubahan resolusi citra dengan perubahan tube loading mAs. Hasil yang didapatkan adalah peningkatan mAs dengan uji paparan yang sama pada alat ukur Rad Check adalah sebesar 44 % sedangkan uji densitas dengan alat ukur densitometer adalah sebesar 39 %. Uji resolusi dengan variasi tube loading mAs berkisar 0,0-0,71% dengan jangkauan perubahan resolusi 3,2 % sampai 9,3 %.

Experiment have been done to study the influence of adding Al filter on mAs for several radiograhic projections. The measurement was perfomed on a rando phantom at several radiographic projection ( AP Abdomen, PA thorak and AP Pelvis), by fixing kVp and finding corect mAs at every additional Al filter ( 2,5. 3,5 and 4 mm ). Focal spot measurements were also perfomed all filtered beams with coresponding tube loadings. Resuls showed increased mAs by 44 % and increased optical densities by 39 % at similiar entrance exposure. Tube loading were fond is very insignificanly ( 0-0,71 %) with change of resolution from 3,2 % to 9,3 %.

 File Digital: 1

Shelf
 S29139-Teguh Darmawan.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : S29139
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Penerbitan : Depok: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia, 2006
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : ix, 38 hal. : ill. ; 28 cm. + lamp.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S29139 14-21-833181791 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20178172