:: UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Pembagian wilayah tipe iklim dan prediksi jangka panjang dengan model arima di Kabupaten Lumajang.

([Universitas Indonesia, ], 2006)

 Abstrak

Wilayah Kabupaten Lumajang adalah termasuk daerah tropis yang mempunyai perbedaan geografi, topografi, dan orografi di masing-masing lokasi. Maka kondisi cuaca/iklim di wilayah ini tidaklah selalu sama antara daerah satu dengan daerah lainnya. Dengan demikian perlu dibuat pewilayahan tipe iklim pada skala meso(kabupaten) yang sesuai dengan kondisi karakteristik iklim di daerah tersebut.
Pada penelitian ini dilakukan pengelompokan pola hujan (tipe iklim) di Kabupaten Lumajang dengan menggunakan metoda statistik, yaitu : Analisis Komponen Utama (AKU) dan Metode Pengelompokan (Clustering). Data yang digunakan adalah curah hujan harian dari 25 stasiun tahun 1988 sampai dengan 2004 dan diolah menjadi jumlah curah hujan dasarian. Dari hasil pengolahan tersebut diperoleh tiga kelompok pola hujan (tipe iklim) di wilayah Kabupaten Lumajang kemudian sebagai dasar prakiraan musim.
Prakiraan jangka panjang (musim) yang dibuat adalah Prakiraan Musim Kemarau 2004 dan Prakiraan Musim Hujan 2004/2005 serta materi yang diprakirakan adalah awal (permulaan) musim dan sifat hujan selama musim yang bersangkutan. Prakiraan musim tersebut dibuat berdasarkan analisis model ARIMA. Dengan menggunakan series data hujan dasarian mulai 1988 hingga 2003, pada setiap tipe iklim di daerah Lumajang.
Verifikasi hasil prakiraan musim kemarau 2004 dan musim hujan 2004/2005 dengan model ARIMA baik prakiraan permulaan dan prakiraan sifat musim, umumnya kurang menunjukkan hasil yang optimal.

 File Digital: 1

Shelf
 S29228-Ali Mas'at.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : S29228
Penerbitan : [Place of publication not identified]: [Universitas Indonesia, ], 2006
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten : []
Tipe Media : []
Tipe Carrier : []
Deskripsi Fisik : xi, 59 hlm. : ill. ; 28 cm. + lamp.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S29228 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20178239