:: UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Perancangan dan implementasi sistem kehadiran menggunakan Radio Frequency Identification (RFID) dengan fasilitas Short Message Service (SMS)

Nurrani; Martarizal, supervisor (Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia, 2007)

 Abstrak

Telah dibuat suatu sistem pemantauan kehadiran dan kepulangan siswa dengan menggunakan fasilitas SMS (Short Message Service). Data bukti kehadiran dan kepulangan siswa akan diambil melalui RFID tag yang berfungsi sebagai kartu pengenal siswa. Data dalam RFID tag akan dibaca oleh RFID reader dan akan diproses oleh mikrokontroler yang kemudian akan dikirim ke server (sebagai pusat data) melalui sms. Server akan mencatat kehadiran dan kepulangan siswa. Selain itu server bertugas mengirimkan SMS ke orang tua siswa yang menginformasikan bahwa anaknya telah masuk atau pulang sekolah. Data-data kehadiran siswa tersimpan dalam basis data sehingga pemanggilan dan pemrosesan data menjadi lebih mudah, Pengorganisasian database siswa yang dilakukan memanfaatkan database MySQLServer.

Have been done a part of attendance monitoring system for the students with using transmission data via SMS (Short Message Service). Attendance data the students taken from RFID tag which has function as ID card the students. Attendance data from RFID tag will be read by RFID reader and processed by a microcontroller, and then transmitted via SMS media and received by a processing server. Server will keep a record of attendance time the students. Besides that, the server has the task to send SMS to parents which inform that their children already get the attendance (entry or go from school). The attendance data kept in basist, so processing data is more easier. Organizing students databases take the advantage of MySQL server databases.

 File Digital: 1

Shelf
 S28961-Nurrani.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : S28961
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia, 2007
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : xiv, 63 hlm. : ill. ; 28 cm. + lamp.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S28961 14-21-059655021 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20178270