:: UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Lokasi studio radio FM berdasarkan karakteristik daerah di DKI Jakarta

(Universitas Indonesia, 2006)

 Abstrak

Terdapat banyak alasan dalam penentuan sebuah lokasi, seperti
pertimbangan biaya, jarak, waktu tempuh, aksesibilitas, kontak tatap muka,
dan citra perusahaan. Aktifitas membutuhkan lokasi yang mudah dijangkau
untuk keberhasilan ekonominya dan demi efisiensi fungsional maka
cenderung tertarik menuju CBD. Namun dengan semakin berkembangnya
teknologi, maka penentuan lokasi bersifat semakin footloose, yaitu tidak
harus terpaku pada suatu tempat. Aktifitas yang berbeda memiliki permintaan
akan aksesibilitas yang berbeda.
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran mengenai
persebaran lokasi studio radio FM berdasarkan karakteristik daerah di DKI
Jakarta, serta melihat apakah dalam pemilihan lokasi studio, pihak radio
menyesuaikan antara segmentasi target pendengarnya dengan karakteristik
daerah.Penelitian ini termasuk kedalam penelitian deskriptif. Berdasarkan
bentuk dan metode pelaksanaannya penelitian ini termasuk penelitian survey.
Populasi dalam penelitian ini berjumlah 39 radio yang tersebar pada 30 titik
lokasi studio. Metode pengambilan sampel dilakukan dengan cara Stratified
Random Sampling (sampel acak berstrata). Analisa yang dilakukan
merupakan analisa deskriptif, yaitu mendeskripsikan pada daerah dengan
karakteristik tertentu yaitu CBD dan NON CBD terdapat radio dengan ciri
segmentasi target pendengar seperti apa serta alasan pemilihan lokasi
studionya. Analisa ini dilakukan dengan teknik korelasi peta antara informasi
yang terdapat pada peta karakteristik daerah dengan peta persebaran lokasi
studio radio berdasarkan segmentasi target pendengarnya.
Diperoleh kesimpulan bahwa pada CBD yang memiliki karakteristik
daerah yaitu terdapat bangunan perkantoran dan pusat perbelanjaan (mall
atau plaza), sebagian besar radio memiliki target pendengar SES A. Pada
daerah permukiman, terdapat perbandingan yang seimbang antara radio
dengan target pendengar SES A dan NON A. Tidak semua radio dalam
memilih lokasi studio menyesuaikan antara karakteristik daerah dengan
segmentasi target pendengarnya. Selain faktor citra lokasi, terdapat alasan
lain yaitu memudahkan pola kontak dengan pengiklan dan pendengar,
efisiensi biaya operasional, mempermudah koordinasi bisnis dan teknis.

 File Digital: 1

Shelf
 S34044-Satwika Riaresmana.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Kata Kunci

 Metadata

No. Panggil : S34044
Subjek :
Penerbitan : [Place of publication not identified]: Universitas Indonesia, 2006
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : viii, 85 hlm. : ill. ; 28 cm + lamp.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S34044 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20178406