Lokasi studio radio FM berdasarkan karakteristik daerah di DKI Jakarta
(Universitas Indonesia, 2006)
|
Terdapat banyak alasan dalam penentuan sebuah lokasi, sepertipertimbangan biaya, jarak, waktu tempuh, aksesibilitas, kontak tatap muka,dan citra perusahaan. Aktifitas membutuhkan lokasi yang mudah dijangkauuntuk keberhasilan ekonominya dan demi efisiensi fungsional makacenderung tertarik menuju CBD. Namun dengan semakin berkembangnyateknologi, maka penentuan lokasi bersifat semakin footloose, yaitu tidakharus terpaku pada suatu tempat. Aktifitas yang berbeda memiliki permintaanakan aksesibilitas yang berbeda.Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran mengenaipersebaran lokasi studio radio FM berdasarkan karakteristik daerah di DKIJakarta, serta melihat apakah dalam pemilihan lokasi studio, pihak radiomenyesuaikan antara segmentasi target pendengarnya dengan karakteristikdaerah.Penelitian ini termasuk kedalam penelitian deskriptif. Berdasarkanbentuk dan metode pelaksanaannya penelitian ini termasuk penelitian survey.Populasi dalam penelitian ini berjumlah 39 radio yang tersebar pada 30 titiklokasi studio. Metode pengambilan sampel dilakukan dengan cara StratifiedRandom Sampling (sampel acak berstrata). Analisa yang dilakukanmerupakan analisa deskriptif, yaitu mendeskripsikan pada daerah dengankarakteristik tertentu yaitu CBD dan NON CBD terdapat radio dengan cirisegmentasi target pendengar seperti apa serta alasan pemilihan lokasistudionya. Analisa ini dilakukan dengan teknik korelasi peta antara informasiyang terdapat pada peta karakteristik daerah dengan peta persebaran lokasistudio radio berdasarkan segmentasi target pendengarnya.Diperoleh kesimpulan bahwa pada CBD yang memiliki karakteristikdaerah yaitu terdapat bangunan perkantoran dan pusat perbelanjaan (mallatau plaza), sebagian besar radio memiliki target pendengar SES A. Padadaerah permukiman, terdapat perbandingan yang seimbang antara radiodengan target pendengar SES A dan NON A. Tidak semua radio dalammemilih lokasi studio menyesuaikan antara karakteristik daerah dengansegmentasi target pendengarnya. Selain faktor citra lokasi, terdapat alasanlain yaitu memudahkan pola kontak dengan pengiklan dan pendengar,efisiensi biaya operasional, mempermudah koordinasi bisnis dan teknis. |
![]()
|
No. Panggil : | S34044 |
Subjek : | |
Penerbitan : | [Place of publication not identified]: Universitas Indonesia, 2006 |
Program Studi : |
Bahasa : | ind |
Sumber Pengatalogan : | |
Tipe Konten : | |
Tipe Media : | |
Tipe Carrier : | |
Deskripsi Fisik : | viii, 85 hlm. : ill. ; 28 cm + lamp. |
Naskah Ringkas : | |
Lembaga Pemilik : | Universitas Indonesia |
Lokasi : | Perpustakaan UI, Lantai 3 |
No. Panggil | No. Barkod | Ketersediaan |
---|---|---|
S34044 | TERSEDIA |
Ulasan: |
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20178406 |