:: UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Peranan penggunaan traktor terhadap waktu dan biaya pengolahan tanah sawah di kabupaten Karawang

Dewi Lestari; I Made Sandy, supervisor; Hari Kartono, supervisor (Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia, 1988)

 Abstrak

Salah satu unsur Panca Usaha Tani yaitu adanya pengairan yang teratur. Irigasi menjamin tersedianya air pada saat dibutuhkan. Namun demikian, urituk meninqkatkan efisiensi penggunaan air perlu diatur pemberian air dengan ketat, antara lain untuk pengolahan tanah Sawah selama tiga puluh han. Dilain pihak, alasan penggunaan traktor antara lain, disektor pertanian terjadi kekurangan tenaga kerja, baik manusia maupun ternak. Sehingga upaya penggunaan traktor diharapkan dapat mempersingkat lama pengolahan tanah. Makin singkat lama pengolahan tanah, maka biaya yang dikeluarkan akan lebih rendah. Dengan demikian, penggunaan traktor juga diharapkan dapat menekan biaya pengolahan tanah sawah.
Maka tujuan dari penelitian ini adalah ingin mengetahui peranan penggunaan traktor dalam mempersingkat lama pengolahan tanah dan menekan biaya pengolahan tanah sawah rata-rata per hektar. Sehubungan dengan tujuan penelitian diatas maka masalah yang akan dicoba dijawab adalah Di wilayah mana saja yang pengolahan tanah sawah dengan tenaga kerja tersedia (manusia dan ternak) melebihi masa pengolahan tanah sawah, di Kabupaten Karawang, bagaimana penyebaran traktornya, bagaimana peranan penyebaran traktor tersebut.
Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah lama pengolahan tanah dengan tenaga kerja manusia dan ternak, lama pengolahan tanah dengan tenaga kerja manusia, ternak dan traktor, selisih lama pengolahan tanah dan selisih biaya pengolahan tanah sawah rata-rata per hektar.
Untuk mengetahui peranan penggunaan traktor, dilakukan korelasi peta penyebaran traktor denqan vaniabel tersebut diatas berdasarkan sekala nilai, dimana sebelumnya masing - masing vaniabel tersebut diberikan nilai, yang kemudian diklasifikasikan dalam region nilai peranan penggunaan traktor. Sebagal penunjang digunakan perhitungan statistik, dalam hal ini adalah korelasi rank Spearman, dan untuk mengetahuj besarnya peranan penggunaan traktor yaitu dengan menghitung Koefisien Penentuan (KP).

 File Digital: 1

Shelf
 S-Dewi Lestari.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : S-pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : Jakarta: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia, 1988
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : vii, 41 pages : illustration ; 28 cm. + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S-pdf 14-19-427135278 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20178427