Unsur-unsur utama komponen produk wisata terdiri atas 3 bagian, yaitu; 1. Daya tarik daerahtujuan wisata, termasuk di dalanmya citrayang dibayangkan oleh wisatawan (atraksi), 2. Fasilitasdi daerah tujuan wisata yang meliputi akomodasi, usaha pengolahan makanan hiburan danrekreasi (amenitas) dan 3. Kemudahan-kemudahan dalam pencapaian daerah tujuan wisata(aksesibilitas). Ketiga faktor itu saling berhubungan dan merupakan 'produk' yang dapat dibelioleh para wisatawan dalam satu paket kunjungan wisata.Mobilitas wisatawan asing di dunia dari tahun ke tahun tampak menunjukkan peningkatan.Menurut laporan WTO, kegiatan pariwisata intemasional senantiasa bertambah besar, yaknidari 25 juta orang (1950), 200 juta orang (1975), 300 juta orang (1988) hingga 500 juta orang(1993). Dikatakan, distribusi wisatawan dunia tersebut tidak merata. Dari 49,5% wisatawandiantaranya memilih Eropa sebagai tujuan utama, disusul Amerika (28,8%), Asia Timur danPasifik (17,8%), sedangkan Asia Tenggara hanya 0,7%. Namun begitu, jumlah wisatawanasing yang datang ke Asia Timur dan Pasifik pada tahun 1993 mengalami kenaikan yang tertinggidibanding ke wilayah lainnya, yakni sebesar 12,6% (69 juta orang).Sebuhungan dengan itu, dalam penelitian ini diambil beberapa variabel penelitian, dengan batasansebagai berikut : Amenitas yang dipililih adalah Hotel Berbintang dan Hotel Nonbintang/Akomodasi Lain. Untuk Aksesibilitas dipilih Anriada Bus dan jumlah Trayek, sementara Atraksi(Objek Wisata), adalah berupa objek wisata alam, sejarah/budaya, taman rekreasi dan wisataagronomi |