:: UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Studi isolasi dan penentuan struktur molekul senyawa kimia dalam fraksi netral kulit batang tanaman jarak pagar (Jatropa curcas Linn)

Budy Kurniawan; Soleh Kosela, supervisor (Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia, 1997)

 Abstrak

Tanaman jarak pagar (Jatropha curcas Linn ) merupakan tanaman kecil, perdu yang banyak tumbuh di berbagai daerah di Indonesia. Tanaman ini berasal dari Amerika dan termasuk dalam famili Euphorbiaceae. Dalam pengobatan tradisional tanaman ini banyak manfaatnya, seperti K daunnya dapat dipakai untuk obat perut kembung dan obat cacing, sedangkan getahnya dapat digunakan untuk obat sakit gigi. Isolasi senyawa-senyawa kimia dari kulit batang tanaman jarak pagar dilakukan dengan cara perendaman dalam, pelarut etanol. Ekstrak etanol kemudian dipekatkan, selanjutnya dilarutkan dengan etil asetat, kemudian di ekstrak si dengan larutan NaH-CO* 5%. Selanjutnya dicuci dengan larutan NaOH 10% sebanyak tiga kali. Kemudian fraksi etil asetat dipekatkan pelarutnya. Ekstrak fraksi etil asetat yang diperoleh selanjutnya dipisahkan dengan menggunakan kromatografi kolom, dan pemurnian dengan cara relcristalisasi.
Dari haril rekristalisasi didapat dua kristal yaitu dari fraksi 13 dan l'raksi 41. 0 u Komponen-komponen yang telah murni ditentukan struktur ^molekulnya dengan menggunakan spektrometer resonansi magnetik inti proton 'lI-NMR, spektrofotometer infra merah (IR), serta spektrometer massa (M S). *Dari hasil identifikasi serta dengan membandingkan dengan pustaka yang Sn ada diduga bahwa kristal / komponen A adalah p-sitosterol dan kristal B / komponen B campuran senyawa aromatik dengan (3-sit.osterol.

 File Digital: 1

Shelf
 S29924-Budy Kurniawan.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : S29924
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Penerbitan : Depok: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia, 1997
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : x, 42 pages : illustration ; 28 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S29924 14-20-987652362 WEEDING
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20179475