:: UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Studi isolasi dan penentuan struktur molekul senyawa organik daun tanaman Eupatorium sordidum Less. (babadotan gunung) dalam fraksi metanol

Erlina Puspitasari; Soleh Kosela, supervisor (Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia, 1999)

 Abstrak

ABSTRAK
Eupatorium sordidum Less. merupakan salah satu spesies dari 1200 spesies genus Eupatonium farnili Asteraceae yang tersebar di seluruh dunia terutaina di daerah tropis dan Asia Timur. Spesies ini dapat ditemukan di Meksiko dan di Pulau Jawa, yaitu di Gunung Gede Pangrango, Cibodas. Tanainari Eupatorium sordidum Less. yang dikenal dengan nama Babadotan Gunung merupakan tanarnan pegunungan yang hidup pada ketinggian 1400-1700 ini di atas permukaan laut. Tingginya mencapai 1,5-2,5 meter dan termasuk dalam golongan tanaman berbunga. Masyarakat sekitar menggunakannya sebagai obat asina tradisional yaitu dengan cara merendam daunnya dan meminumnya. Telah banyak penelitian yang dilakukan untuk meneliti spesies-spesies genus Eupatorium, diantaranya E. altissirnum, E. lancifoliurn ari E. semi serrat urn yang diketahui mengandung senyawa yang emi1iki kemarnpuan sebagai zat antileukiimta. Se17rya tanaxnan E. sordidum Less. telah diketahui mengandung seryawa metil ester dan senyawa terpen yang terdapat dalarn fraks: netral, sehingga tujuan penelitian mi adalah untuk mengis:asi dan mengidentifikasi senyawa organik yang terdapat dai fraksi metanol. Pada re1itian mi, daun tanaman E. sordidum Less. direndarn da. rnetanol dan diekstrak dengan n-heksan, kemudian thlakukan pisahan dengan kroinatografi kolom. Has ii yang didapat diriiikan dengan rekristalisasi dan selanjutnya thanalisis dargan spektrofotometer infra merah, spektrometer resonansi rnaetik inti proton dan karbon. Dari spektrum yang diperoleh thduga bahwa tanaman mi mengand'.c senyawa dengan rumus molekul C23H3608 clan senyawa stigmasterol Jengan rumus molekul C 29H460 yang termasuk dalam golongan senvawa sterol.

 File Digital: 1

Shelf
 S-Erlina Puspitasari.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : S-Pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Penerbitan : Depok: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia, 1999
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : xi, 32 pages : illustration ; 28 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S-Pdf 14-22-71880475 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20179556