:: UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Aljabar clifford Cl3

(Universitas Indonesia, 2006)

 Abstrak

Cl adalah ruang vektor yang merupakan hasil tambah langsung dari ruang vektor 0 1 ??R3, ??R3, 2 3 ??R3, dan ??R3. Ruang vektor 0 ?? R3 merupakan ruang vektor bilangan nyata, ruang vektor 1 ?? R3 merupakan ruang vektor Euclid R3, ruang vektor 2 ?? R3 merupakan ruang bivektor, dan ruang vektor 3 ?? R3 merupakan ruang trivektor.
3 Cl yang dilengkapi dengan penjumlahan dan suatu perkalian, yang disebut hasil kali Clifford, membentuk gelanggang tak komutatif dengan unsur kesatuan 1. 3 Cl merupakan aljabar terhadap operasi penjumlahan, perkalian skalar, dan perkalian Clifford. Aljabar ini disebut Aljabar Clifford 3 Cl .
Pada tugas akhir ini, dibahas struktur dari Aljabar Clifford 3 Cl . Struktur yang dibahas adalah mengenai fungsi dari 3 Cl ke 3 Cl yang mengubah suatu multivektor menjadi multivektor dengan orientasi vektor, bivektor, atau trivektor yang berbeda. Fungsi pada 3 Cl ini disebut dengan involusi. Terdapat tiga involusi pada 3 Cl , yaitu involusi grade, kebalikan, dan konjugat Clifford. Selain itu, dibahas mengenai invers multivektor terhadap perkalian Clifford, yang dapat ditentukan dengan menggunakan fungsi involusi pada 3 Cl .

 File Digital: 1

Shelf
 S27647-Nina Purwanti.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : S27647
Subjek :
Penerbitan : [Place of publication not identified]: Universitas Indonesia, 2006
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : viii, 85 hlm. ; 30 cm. + Lamp.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S27647 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20180899