:: UI - Skripsi Open :: Kembali

UI - Skripsi Open :: Kembali

Pengaruh pemberian campuran ekstrak Herba Acalypha indica Linn dan Peperomia pellucida [L] H.B.K. terhadap Jantung Tikus Putih Ditinjau dari Aktivitas Aspartat Aminotransferase dan Kreatinin Kinase Plasma serta Histologi Jantung

Anita Agustini; Fadlina Chany Saputri, supervisor; Dadang Kusmana, supervisor ([Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia;, ], 2008)

 Abstrak

Tanaman AcalyphaindicaLinn dan tanaman Peperomiapellucida[L]. H.B.K. secara empiris telah digunakan untuk pengobatanpenyakit Gout. Dalam penggunaan obat tradisional perlu dilakukan uji keamanan sebagaimana yang dilakukan pada obatmodern atau sintetis.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian campuran ekstrak akar AcalyphaindicaLinn dan ekstrak herba Peperomiapellucida[L].H.B.K. terhadap organ vital yaitu jantung, berdasarkan pemeriksaan aktivitas enzim AST dan Kreatininkinase plasma serta gambaranh istologi jantung. Dalam penelitian ini digunakan 36 ekor tikus putih jantan dan 36 ekor tikus putih betina, yang masing-masing dibagi menjadi lima kelompok dosis dan satu kelompok kontrol.
Bahan uji diberikan secara oral satu kali sehari, selama 30 hari. Dosis yang digunakan secara berturut dari dosis 1-3 untuk ekstrak akar AcalyphaindicaLinn adalah 2,7g; 5,4g; 10,8g/200gbb tikus dan ekstrak herba Peperomiapellucida[L]H.B.K0, 1g; 0,2g; 0,4g/200gbb tikus. Dosis 4, yaitu ekstrak akar AcalyphaindicaLinn5, 4g/200gbb tikus. Dosis5, yaitu ekstrak herba Peperomiapellucida[L]H.B.K0, 2g/200gbb tikus dan kelompok kontrol diberi larutan CMC0,5%.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan bermakna pada aktivitas AST dan Kreatininkinase plasma serta gambaran hitologi jantung antara kelompok dosis satu sampai dengan dosis lima yang dibandingkan terhadap kelompok kontrol.
Maka dapat disimpulkan bahwa pemberian campuran ekstrak akar Acaly indicaLinn dan ekstrak herba Peperomiapellucida[L].H.B.K. selama 30 hari tidak mempengaruhi organ jantung tikus putih jantan dan betina.

 File Digital: 1

 Metadata

No. Panggil : S33031
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Subjek :
Penerbitan : Depok: [Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia;, ], 2008
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : xii, 49 hal. : ill. ; 28 cm + lamp.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S33031 14-20-967545690 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20181201