:: UI - Skripsi Open :: Kembali

UI - Skripsi Open :: Kembali

Deteksi aliran air bawah tanah menggunakan metode self potensial di daerah agrowisata Cilangkap Jakarta Timur = Underground water flow detection method using self potential in East Jakarta, Cilangkap agrotourism

Musfira; Mohammad Syamsu Rosid, supervisor (Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia, 2010)

 Abstrak

Bumi secara alami telah menyediakan sumber daya alam yang berlimpah untuk kesejahteraan manusia, baik yang dapat diperbaharui maupun yang tidak dapat diperbaharui. Di dalam bumi sangat banyak kandungan sumber daya alam yang diperlukan oleh manusia seperti mineral, migas, geothermal, air tanah dan sebagainya. Ketersedian air bersih merupakan hal yang penting dan vital bagi kehidupan manusia. Pemanfaatan air sangat luas bagi kehidupan manusia, baik untuk kebutuhan rumah tangga maupun untuk kebutuhan pertanian. Sumber air yang digunakan biasanya air tanah (ground water) dan air yang disediakan oleh perusahaan air minum. Air tanah merupakan salah satu air yang mudah didapatkan dan relatif murah, tetapi tidak semua daerah mudah mendapatkan air tanah karena kurangnya infonnasi dimana dan pada kedalaman berapa potensi air tanah tersebut berada.
Salah satu metode yang digunakan untuk mengetahui kandungan air tanah di suatu daerah adalah metode geolistrik. Metode geolistrik yang penulis gunakan untuk menyelesaikan tugas akhir ini adalah metode self potensial dengan judul Deteksi air bawah tanah menggunakan metode self potensial di daerah Agrowisata Cilangkap Jakarta Timur. Semoga infonnasi dari penelitian ini bennanfaat untuk pengelola Agrowisata dan masyarakat disekitarnya. Bumi secara alami telah menyediakan sumber daya alam yang berlimpah untuk kesejahteraan manusia, baik yang dapat diperbaharui maupun yang tidak dapat diperbaharui. Di dalam bumi sangat banyak kandungan sumber daya alam yang diperlukan oleh manusia seperti mineral, migas, geothermal, air tanah dan sebagainya. Ketersedian air bersih merupakan hal yang penting dan vital bagi kehidupan manusia. Pemanfaatan air sangat luas bagi kehidupan manusia, baik untuk kebutuhan rumah tangga maupun untuk kebutuhan pertanian.
Sumber air yang digunakan biasanya air tanah (ground water) dan air yang disediakan oleh perusahaan air minum. Air tanah merupakan salah satu air yang mudah didapatkan dan relatif murah, tetapi tidak semua daerah mudah mendapatkan air tanah karena kurangnya informasi dimana dan pada kedalaman berapa potensi air tanah tersebut berada. Salah satu metode yang digunakan untuk mengetahui kandungan air tanah di suatu daerah adalah metode geolistrik. Metode geolistrik yang penulis gunakan untuk menyelesaikan tugas akhir ini adalah metode self potensial dengan judul Deteksi air bawah tanah menggunakan metode self potensial di daerah Agrowisata Cilangkap Jakarta Timur. Semoga infonnasi dari penelitian ini bermanfaat untuk pengelola Agrowisata dan masyarakat disekitarnya.

Earth naturally has provided an abundance of natural resources for human welfare, both renewable and non renewable. Inside the womb of the earth so many natural resources that are needed by humans, such as minerals, oil and gas, geothermal, groundwater, and so forth. The availability of clean water is essential and vital for human life. Extensive water use for human life, both for household and agricultural needs. Sources of water used is usually the ground water (ground water) and water provided by water companies. Ground water is one of the easily available water and relatively cheap, but not all areas easy to obtain ground water due to lack of information on where and at what depth of soil water potential is located.
One method used to determine soil moisture content in one region is geoelectric method. Geoelectrical methods that writers use to complete this final project is a potential method of self with the title of underground water detection using selfpotential method in the area of East Jakarta Agro Cilangkap. Hopefully the information from this study is useful for managers Agro and surrounding communities.

 File Digital: 1

 Metadata

No. Panggil : S29486
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia, 2010
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : xii, 33 hlm. : ill. ; 28 cm. + lamp.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S29486 14-21-51895063 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20181653