Deskripsi Lengkap

Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : xv, 62 hlm. : ill. ; 28 cm + lamp.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
 
  •  Ketersediaan
  •  File Digital: 1
  •  Ulasan
  •  Sampul
  •  Abstrak
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S34198 TERSEDIA
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20181787
 Abstrak
Pengambilan keputusan lokasi belanja pada hakikatnya dapat juga dipahami sebagai sebuah proses yang berasal dari naluri internal manusia untuk memenuhi kebutuhannya. Hal ini unik apabila dilihat dengan sudut pandang keruangan. Berkenaan dengan itu, penelitian ini bertujuan untuk memahami perbedaan karakteristik lokasi dan makna lokasi yang memberikan pengaruh dalam memilih lokasi pasar. Adapun permasalahan yang diajukan adalah bagaimana perbedaan karakteristik di kedua pasar dan bagaimana hubungannya antara karakteristik lokasi, keterikatan lokasi, motivasi pembelian, dan ketersediaan produk dan harga mempengaruhi penghobi dalam memilih lokasi. Untuk menjawab permasalahan tersebut penelitian ini menggunakan metodologi kualitatif dengan menekankan pada analisis perbandingan lokasi. Data penelitian ini diperoleh dari wawancara dengan informan dan observasi lapang. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa perbedaan karakteristik lokasi pasar di Jalan Kartini dan Jalan Sumenep memberikan perbedaan makna lokasi yang dikaitkan dengan keterikatan lokasi antara penghobi dengan lokasi pasar. Motivasi yang mendasari penghobi dalam pemilihan lokasi serta ketersediaan produk dan harga turut memiliki peran dalam rangkaian kejadian proses pengambilan keputusan. Pada akhirnya, penghobi yang memberikan pemaknaan lokasi yang berbeda akan memilih lokasi belanja yang menurutnya paling ideal dimana lokasi pilihannya mampu memberikan kepuasan.