:: UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Analisa dan perhitungan ketidakmerataan berdasarkan komponen pendapatan dengan metode Theil yang diperbaiki oleh Theil dan Taylor

Irebella Siswondo; Iwan Jaya Azis, 1953-, supervisor (Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 1993)

 Abstrak

Penelitian tentang ketidakmerataan pendapatan yang ada selama ini banyak menekankan pada perhitungan banyak berdasar pada komponen pengeluaran dan beberapa dengan komponen produksi. Oleh penulis dicoba disini untuk membuat perhitungan dan analisa dengan menggunakan metode Theil yang diperbaiki bersama Taylor dari Universitas Florida, USA untuk penelitian ketidakmerataan pendapatan berdasarkan komponen pendapatan.
Penelitian dengan metode ini termasuk baru dan sebagai komponen pendapatan dipergunakan data-data: (1) Upah buruh (2) Pendapatan per kapita (3) Pengeluaran rata-rata per kapita per bulan untuk makanan dan non makanan.
Dengan menggunakan formula Theil (untuk selanjutnya disebut dengan formula Theil saja walau dimaksudkan formula ini dikerjakan bersama oleh Theil dan Taylor) dapat menentukan kontribusi daerah terhadap ketidakmerataan juga kelebihannya ialah dapat mengestimasi masalah ketidakmerataan untuk jangka panjang.
Selanjutnya penulis menganalisa hubungan ketidakmerataan pendapatan berdasarkan komponen pendapatan dengan masalah kesejahteraan penduduk. Masalah kesejahteraan diungkapkan berdasarkan (dikaitkan dengan) PDRB per kapita dan pertumbuhannya, jumlah pengangguran, Inpres dan ekspor dari masing-masing pulau (penulis dalam analisa tulisan ini membuat kelompok daerah menjadi per pulau yaitu: Sumatera, Jawa, Kalimantan, Sulawesi dan Pulau-pulau Lainnya).
Hubungan diatas dengan hasil formula Theil tentang ketidakmerataan dihitung dengan menggunakan analisa korelasi pangkat Spearman.

 File Digital: 1

Shelf
 S18586-Irebella Siswondo.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : S18586
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 1993
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : xi, 110 pages : illustration ; 28 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S18586 14-23-99252722 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20184254