:: UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Pemeriksaan dan penilaian untuk tujuan akuisisi

Katherine Judy; Ruddy Koesnadi, supervisor (Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 1993)

 Abstrak

Akuisisi sebagai salah satu bentuk perluasan usaha secara eksternal belum secara khusus diatur di Indonesia, sehingga masih timbul pendapat pro dan kontra terhadap akuisisi itu sendiri. Masalah yang sangat penting dalam transaksi akuisisi adalah masalah transparansi laporan keuangan perusahaan yang akan diakuisisi dan penentuan nilai wajar perusahaan tersebut.
Sehubungan dengan hal ini, penelitian ini bertujuan mendapatkan prosedur pemeriksaan akuisisi oleh akuntan publik, metode-metode penilaian harga saham untuk tujuan akuisisi, dan gambaran mengenai penerapan pemeriksaan dan penilaian akuisisi oleh beberapa perusahaan publik di Indonesia. Metode penelitian yang diterapkan dalam penelitian ini adalah studi kepustakaan dan studi lapangan yang berupa wawancara informal dengan beberapa pihak.
Dalam studi kepustakaan juga termasuk penelaahan terhadap lima edaran/sirkular/laporan/prospektus kepada para pemegang saham dari beberapa perusahaan publik.
Pemeriksaan akuisisi bertujuan memberikan informasi kepada perusahaan yang akan mengakuisisi tentang kinerja perusahaan yang akan diakuisisi di masa lalu sehingga perusahaan yang akan mengakuisisi dapat melakukan estima¬si tentang kemampuan menghasilkan perusahaan yang akan diakuisisi di masa datang. Penekanan pemeriksaan akuisisi adalah untuk mendeteksi penyajian lebih tinggi atas akuisisi sehingga dalam banyak hal prosedur pemeriksaan akuisisi lebih menekankan pada pengujian subtantif, bukan pada pengendalian internal, terutama terhadap hal-hal khusus dan tidak lazim.
Dalam hal penilaian akuisisi, tujuan utamanya adalah menentukan range nilai akuisisi berdasarkan keadaan pasar sekarang. Ada banyak metode penilaian yang dapat diguna-kan, masing-masing metode tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan pada kondisi tertentu. Sebaiknya digunakan beberapa metode penilaian untuk menilai suatu perusahaan agar tingkat keyakinan yang diperoleh lebih memuaskan.
Berdasarkan penelaahan terhadap lima edaran/sirkular/laporan/prospektus, penulis menemukan bahwa pemeriksaan dan penilaian akuisisi belum seluruhnya diterapkan oleh lima perusahaan publik tersebut yang dalam hal ini merupakan perusahaan pengakuisisi.

 File Digital: 1

Shelf
 S18606-Katherine Judy.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Kata Kunci

 Metadata

No. Panggil : S18606
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 1993
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : x, 126 pages : illustration ; 28 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S18606 14-19-743333621 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20184274