:: UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Penggunaan anggaran sebagai alat pengendalian dan performance evaluation pada rumah sakit XYZ

Hideo Purwanto; Darminto, supervisor (Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 1993)

 Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah agar dapat diperoleh gambaran bagaimana anggaran menjalankan fungsinya sebagi alat pengendalian manajemen dan sebagai evaluasi performance sebagai manajemen dan bagian-bagian lain dari rumah sakit XYZ. Metoda penelitian yang digunakan adalah penelitian. kepustakaan dan penelitian lapangan. Penelitian Kepustakaan ini untuk memperoleh data yang bersifat teoritis. Penelitian lapangan untuk memperoleh data yang bersifat aktual. Penelitian lapangan ini dilakukan pada rumah sakit XYZ sebagai obyek penulisan dengan mengadakan tanya jawab dan mempelajari catatat-catatan yang ada pada rumah sakit tersebut.
Rumah sakit XYZ merupakan anak perusahaan dari suatu perusahaan milik negara yang bergerak dalam bidang pelayaran (PT XYZ). Untuk mempermudah pengendalian maka rumah sakit membagi divisi-divisinya menjadi dua responsibility accounting yaitu Profit center dan Cost center. Rumah sakit XYZ adalah organisasi yang diberi otonomi penuh oleh PT XYZ. Hak Otonomi ini mengharuskan rumah sakit berkembang dengan sumber dana yang berasal dari sisa hasil usaha rumah sakit.
Jenis anggaran yang digunakan oleh rumah sakit adalah anggaran divisi, anggaran rugi laba, dan anggaran neraca. Anggaran dibuat dari divisi-divisi yang kemudian diserahkan kepada bagian keuangan untuk menyusun anggaran rugi laba dan neraca rumah sakit. Pengendalian dan performance evaluation dilaksanakan dengan membandingkan anggaran yang telah disusun dengan aktualnya. Fungsi anggaran sebagai alat pengendalian berjalan dengan baik untuk mengawasi profit dan cost center. Demiki-an juga anggaran untuk menilai performence responsibility acconting. Agar pengendalian terhadap cash flow lebih bagus, maka pembentukan anggaran kas diperlukan.

 File Digital: 1

Shelf
 S18612-Hideo Purwanto.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Kata Kunci

 Metadata

No. Panggil : S18612
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 1993
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : viii, 70 pages : illustration ; 28 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S18612 14-19-519081356 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20184280