Pengembangan strtegi pemasaran dengan metoda life cycle portfolio matrix Studi kasus pada Hotel Borobudur Inter-Continental dalam persaingan industri perhotelan di Jakarta
Maria Angeli D.M. Djakabara;
Abdul Muthalib, supervisor
(Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 1994)
|
industri pariwisata merupakan salah satu alternatif untuk menggantikan dominasi sektor minyak dan gas yang selama ini menjadi pendukung utama perekonomian indonesia. Sebagai salah satu komponen dalam industri pariwisata adalah industri perhotelan berbintang 4 & 5 dimana Hotel Borobudur inter-Continental merupakan salah satu dan hotel kategon ini di Jakarta. Hotel Borobudur Inter-Continental dipilih sebagai obyek dalam studi kasus mimengingat semakin ketatnya persaingan dengan munculnya hotel-hotel baruyang sejenis. Metode yang digunakan untuk mengetahui posisi Hotel BorobudurInter-Continental dalam peta persaingan industri perhotelan di Jakarta im adalahLife Cycle Por(folio Matrix. Pendekatan im mengukur Industry Maturity sebagai dimensi eksternal yang dihadapi perusahaan, dengan komponen komponennya adalah embryonic, growth, mature dan aging. Untuk dimensiinternalnya memakai Competitive Position yang mencerminkan kekuatan dankelemahan dari perusahaan dibandingkan dengan perusahaan lainnya dalamindustri. Komponen dan dimensi mi adalah dominant, strong,: favorable,tenable, weak dan nonviable Untuk mengetahui keadaan industri perhotelanditinjau berbagai faktor yang mempengaruhi penawaran dan permintaan danindustri. Faktor-faktor internal diperoleh dari penelitiari data primer maupunsekunder yang diperoleh dari HOtel Borobudur Inter-Cothinental. Kesimpulanyang diperoleh menuñjukkan bahwa posisi Hotel Borobudur Inter-Continental dewasa ini berada di Mature-Tenable dengan perincian tingkat kedewasaan industri berada pada declining maturity Penebtian juga mencakup perkiraan posisi hotel tersebut untuk beberapa tahun mendatang mengingat trend persaingan yang sedang dialaxm industri. perhotelan Bila hotel ini berhasil memilih dan melaksanakan . strategi-strategi yang tepat üntuk mengantisipàsi keadaan industri, minimal posisi. kompetitif sekarang dapat dipertahankan atàu bahkan ditingkatkan ke posisifavorable Tetapi bila hotel ini kemudian ternyata tidak tepat dalam menerapkan strategi-strategmya bisa jadi posisnya turun menjadi weak, dimana perusahaan dalam posisi ini sulit untuk bertahan dalam jangka panjañg. Families of thrusts yang dapat menjadi alternatlf strátegi untuk mengembangkan strategi pemasaran adalah, selective development dan prove viability. Di dalam kelompok-kelompok strategi ini masih dirinci lagi ke dalam generic strateges yang lebih. spesifik yaitu mencakup: Same Product, Initial.Market Development, Market Penetration, New Product/New Markets,. New Product/Same Market, dan Same Products/New Markets. |
S18750- Maria Angeli D M Djakabara.pdf :: Unduh
|
No. Panggil : | S18750 |
Entri utama-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama badan : | |
Subjek : | |
Penerbitan : | Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 1994 |
Program Studi : |
Bahasa : | ind |
Sumber Pengatalogan : | LibUI ind |
Tipe Konten : | text |
Tipe Media : | computer |
Tipe Carrier : | online resource |
Deskripsi Fisik : | xiv, 210 pages : illustration ; 28 cm |
Naskah Ringkas : | |
Lembaga Pemilik : | Universitas Indonesia |
Lokasi : | Perpustakaan UI, Lantai 3 |
No. Panggil | No. Barkod | Ketersediaan |
---|---|---|
S18750 | 14-23-78004976 | TERSEDIA |
Ulasan: |
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20184410 |