:: UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Ketentuan-ketentuan hipotik setelah berlakunya Undang Undang No. 16 tahun 1985 (Suatu tinjauan tentang berkembangnya di Bank Rakyat Indonesia)

Hilman Tisnawan; Pasaribu, Sri Oetari, supervisor; Nurul Elmiyah, supervisor (Fakultas Hukum Universitas Indonesia, 1991)

 Abstrak

Tujuan skripsi ini adalah untuk melihat sejauh mana perkembangan hipotik sampai saat ini, terutama setelah berlakunya Undang-undang No. 16 Tahun 1985 tentang Rumah Susun, dimana didalamnya diatur juga beberapa ketentuan hipotik. Mengingat Negara Indonesia sedang giat-giatnya melaksanakan pembangunan, maka pengaturan tentang perkreditan, yang pada saat ini sangat besar peranannya, perlu segera di tingkatkan dan disempurnakan. Lebih khusus lagi hal tersebut sebagai, sangat dirasakan dalam masalah jaminan kredit, yang pada saat ini diantaranya jaminan hipotik masih menggunakan ketentuan-ketentuan lama dalam KUHPer Indonesia, yang semakin dirasakan tidak memenuhi dan tidak dapat mengikuti lagi perkembangan kebutuhan dan kemajuan masyarakat. Sementara itu Undang-undang Hak Tanggungan seperti yang dijanjikan dalam pasal 51 Undang-undang No. 5 tahun 1960 tentang Peraturan Dasar Pokok Agraria belum juga kunjung. Dalam kondisi demikian perlu dicari upaya-upaya untuk mengoptimalkan peraturan-peraturan yang ada. Adalah Undang-undang No. 16 tahun 1985 tentang baik Rumah Susun memuat beberapa ketentuan hipotik, ketentuan-ketentuan yang beisifat mengukuhkan praktek jaminan yang selama ini berjalan maupun ketentuan-ketentuan yang bersifat baru sama sekali. Hipotik telah mengalami perkembangan dalam beberapa hal, terutama tentang asasnya, janji-janjinya, objeknya, tata cara pembebanannya, surat tanda buktinya, roya serta eksekusinya.

 File Digital: 1

Shelf
 S20501-Hilman Tisnawan.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : S20501
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Penerbitan : Depok: Fakultas Hukum Universitas Indonesia, 1991
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : xi, 105 pages ; 28 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S20501 14-21-595898129 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20202606