:: UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Studi perilaku mekanik beton mutu tinggi dengan bahan campur pozzofume (super fly ash) akibat kenaikan temperatur tinggi

Simon Moedak; Essy Arijoeni Basoenondo, supervisor; Madsuri, supervisor (Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 1996)

 Abstrak

Pada beton normal yang sudah mengeras, terdapat lmsur kalsiurn-hidroksida Ca(OH)2 yang dihasilkan dari proses hidrasi semen, dan yang mempakan bagian lemah beton. Dengan penggunaan Pozzofume, yang mengandung silikon-dioksida SiO2, kandungan Ca(OH)2 yang ada dapat direduksi setelah bereaksi dengan SiO; yang menghasilkan kalsium-silikat-hidrat yang merupakan sumber kekuatan beton. Dengan demikian beton dengan bahan Campur Ponofume akan mempunyai kekuatan maupun kepadatan yang lebih tinggi dibanding beton tanpa bahan campur Poaofume sehingga secara ekonomis. juga akan menguntungkan.
Disamping kekuatan dan keawetannya, tuntutan lain yang juga diperlukan oleh bahan struktur bangunan adalah ketahanannya terhadap temperatur tinggi akH)at kebakaran. Hal ini karena kemungkinan teljadinya kebakaran terhadap seluruh stmktur bangunan selalu ada, tetapi bila setiap struktur bangunan di perhitungkan untuk setiap kcbakaran besar, rnerupakan hal yang berlebi han.
Beton mempakan material struktur bangunan yang mempunyai ketahanan yang baik terhadap tempcranu' tinggi akibat kebakaran. Salah satu faktor yang menumnkan kekuatan beton akibat kenaikan temperatur- tinggi adalah kandungan Ca(OH)z yang ada pada beton. Beton Mutu Tinggi yang mengalami kenaikan temperatur tinggi, pada temperatur 400°C akan mengalami penguraian Ca(OH)2 dimana hal ini akan mengurangi kekuatan beton. Pada masa pendinginannya setelah mengalami pemanasan / kebakaran, akan teljadi rehidrasi
Ca(OH)2 , dimana kalsium oksida CaO yang telah terurai akan bereaksi dengan udara (moisture content) dan membentuk Ca(OH)2 yang juga diikuti dengan pengembangan volume sehingga menimbulkan retak-retak atau rnemperbesar microcrack yang ada sehingga semakin menurunkan kekuatan beton.
Seperti telah disebutkan, pcnggunaan Ponofume pada campuran beton dapat mereduksi jumlah Ca(OH)2 yang ada sehingga selain meningkatkan kekuatan beton, juga akan mengurangi ganguan-ganguan pada beton yang mengaiami kenaikan temperatur tinggi sehingga diharapkan beton dengan bahan campur Pozzoiixme juga mempunyai ketahanan yang lebih baik terhadap tcmperatur tinggi dibanding beton tampa bahan campur Pozzofume.
Penelitian ini meneliti bagaimana pengamh temperatur tinggi akibat kcbakaran terhadap perilaku mekanik beton mutu tinggi yang menggunakan bahan campur Pozzoflune sehingga dapat diperkirakan bagaimana perilakunya apabila teljadi kebakaran.
Metoda penelitian adalah percobaan laboratozium dengan mcngamati dua tipe beton yang dibedakan atas kandungan bahan campur Pozzofume-nya, yaitu :
I. Type I, Beton tampa bahan campur Pozzoiilme (kadar Pozzofmne 0%)
2. Type II, Beton dengan bahan campur Pozzofume 10% (kadar Pozzofume 10%)

 File Digital: 1

Shelf
 S34645-Simon Moedak.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Kata Kunci

 Metadata

No. Panggil : S34645
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Penerbitan : Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 1996
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : ix, 82 pages : illustration ; 28 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S34645 14-19-148946662 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20238683