:: UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Penelitian karakteristik perjalanan pengemudi lanjut usia

Heri Budiman; Tangkudung, Ellen Sophie Wulan, supervisor; Kaligis, Wulan Kajes, supervisor (Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 1999)

 Abstrak

Pengemudi lanjut usia memiliki karakteristik yang berbeda dengan pengemudi yang lebih muda, akibat dari penurunan aktivitas dan kemampuan fisik yang dialaminya. Sehingga diperlukan adanya pemahaman terhadap pengemudi lanjut usia dan karakteristik perjalanannya, agar pengemudi lanjut usia dapat mengendarai kendaraannya dengan tingkat keamanan dan kenyamanan yang memadai. Penelitian terhadap pengemudi lanjut usia dilakukan dengan menginterview pengemudi pada saat jam kerja ataupun di luar jam kerja untuk mendapatkan data yang berhubungan dengan karakteristik pengemudi dan karakteristik perjalanannya.
Di dalam skripsi ini analisa yang dilakukan adalah analisa data mentah dan analisa statistic yaitu uji Chi Kuadrat, uji hipotesa dan korelasi. Didapatkan bahwa karakteristik perjalanan (tujuan, frekuensi, lama, panjang, kecepatan, waktu dan kondisi perjalanan) dipengaruhi oleh karakteristik pengemudi (penurunan kemampuan). Karakteristik perjalanan yang didapatkan adalah : frekuensi perjalanan sesekali cenderung meningkat sejalan dengan bertambahnya usia, tujuan perjalanan adalah bekerja (menurun dengan bertambahnya usia), dan kondisi yang berpengaruh terhadap penglihatan sangat mengganggu aktivitas berkendaraan. Akhirnya, dari saran dan komentar yang diberikan pengemudi lanjut usia terhadap kondisi yang ada di lapangan, diharapkan ada perbaikan terhadap kondisi jalan dan lalu lintas yang ada sekarang.

 Metadata

No. Panggil : S35005
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 1999
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : xii, 65 hlm. : ill. ; 28 cm + lamp.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S35005 14-20-885582553 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20238957